Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gitar Black Beauty Les Paul Bakal Dilelang

Gitar ikonik Les Paul yang dikenal dengan nama Black Beauty dilelang di New York pada 19 Februari.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 01 Februari 2015  |  12:47 WIB
Gitar Black Beauty Les Paul Bakal Dilelang
Gitar Les Paul "Black Beauty" - Imgkid
Bagikan

Bisnis.com, NEW YORK- Gitar ikonik Les Paul yang dikenal dengan nama "Black Beauty" dilelang di New York pada 19 Februari.

Instrumen listrik yang merupakan prototipe gitar Les Paul Custom bikinan Gibson Guitar Company itu akan dijual oleh Guernsey's Auctions di Arader Galleries.

Tidak ada taksiran harga pralelang atau harga awal yang ditetapkan untuk instrumen itu. Tapi beberapa pakar musik yakin harganya melebihi rekor harga lelang 965.000 dolar AS yang dibayar pada 2013 untuk gitar Bob Dylan yang dimainkan pada pertunjukan elektrik pertamanya di Newport Folk Festival 1965.

"Instrumen ini ibarat Cawan Suci karena merupakan gitar Les Paul pertama yang dibuat oleh Mr. Les Paul, yang melahirkan ribuan dan ribuan instrumen dengan nama ini dan serupa instrumen dengan ini," kata Presiden Guernsey's Arlan Ettinger seperti yang diwartakan Reuters.

Paul, musisi dan penemu, berkolaborasi dengan pembuat gitar Gibson, yang mendekatinya pada awal tahun 1950an untuk membuat gitar listrik.

Bodi gitar solid dikirim ke Paul pada 1954 dan terus dimodifikasi karena sang musisi ingin menyempurnakan suaranya hingga terakhir digunakan pada 1976. Ia lalu memberikannya pada sahabat karibnya Tom Doyle.

Gitar hitam bertatah emas pada pinggiran dan beberapa bagiannya itu, menurut Ettinger, awalnya memiliki tampilan yang berbeda.

"Tapi dalam 20 tahun itu berubah karena dia bereksperimen menghasilkan untuk bunyi baru dan kesenangan maksimal dari apa yang ia buat," kata Ettinger.

Modifikasi dan perubahan "Black Beauty" menjadi standar bagi gitar Les Paul lainnya, yang antara lain dipakai oleh Eric Clapton, Jimmy Page, Neil Young dan Jeff Beck. (Antara)

 

BACA JUGA:

4 Tanda Pekerjaan Merusak Kehidupan Cinta Anda

Hugh Jackman Ajak Para Penggemar Pakai Tabir Surya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik gitar

Sumber : Antara

Editor : Andhina Wulandari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top