Mencuci wajah/huffingtonpost
Fashion

10 Langkah Mencuci Wajah Untuk Kulit Berjerawat

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 6 Februari 2015 - 11:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Mencuci wajah adalah sebuah keharusan untuk perawatan dasar kesehatan kulit wajah Anda setiap hari.

Mencuci wajah juga membuatnya terlihat lebih segar dan terhindar dari beragam gangguan dan masalah kulit.

Lantas, cukupkah hanya mencuci wajah dengan air dingin dan sabun pencuci muka biasa? Ada beberapa hal yang harus diingat ketika Anda mencuci wajah Anda setiap hari, seperti menggunakan jumlah yang tepat sabun dan tidak terlalu kering dan berbahan keras.

Terutama, jika Anda memiliki jerawat, maka proses mencuci muka harus dilakukan lebih detail. Di sisi lain, ketika Anda sering membersihkan wajah, jangan lupa untuk memakai krim ringan untuk wajah berminyak Anda. Hal ini membantu dalam menjaga kulit Anda tetap lembut.

Berikut 10 tahapan mencuci wajah bagi Anda yang berjerawat:

Ikat rambut

Ikat rambut Anda menjadi sanggul atau ekor kuda tinggi. Ini akan membantu menjaga dari minyak rambut menyentuh wajah Anda.

Cuci Tangan Anda

Sebelum Anda menyentuh tangan Anda ke wajah Anda, cuci tangan Anda dengan sabun. Ini akan membantu untuk menghilangkan kotoran dan debu dari tangan Anda yang mungkin bisa meningkatkan jerawat juga.

Hapus Semua Makeup Anda

Sebelum Anda mencuci wajah Anda, hapus semua make up yang berlebihan dari wajah Anda. Bersihkan wajah Anda dengan bantuan kapas.

Gunakan air hangat

Gunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda. Menggunakan air hangat untuk wajah Anda akan melembutkan kulit sehingga lebih mudah untuk menghilangkan komedo dan whiteheads.

Bersihkan Mata Anda

Salah satu cara terbaik untuk mencuci wajah Anda memperhatikan mata Anda. Riasan pada mata membutuhkan waktu lebih lama untuk dihapus.

Bersihkan Hidung Anda

Sama seperti mata Anda, juga memperhatikan hidung Anda. Hidung terakumulasi minyak dan ini meningkatkan masalah jerawat. Cuci hidung dengan air hangat.

Cuci wajah dengan sabun yang lembut  

Gunakan sabun lembut untuk wajah Anda. Hindari sabun yang keras karena akan membuat kulit Anda terasa gatal dan kering.

Gunakan handuk yang lembut

Setelah mencuci dengan sabun, keringkan wajah Anda dengan handuk yang lembut atau tisu. Ini akan menghindari jerawat dari pembentukan bekas luka setelah pembersihan.

Pakai scrub

Sebelum selesai, gunakan scrub wajah yang baik untuk menghilangkan kulit mati di wajah Anda. Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan scrub keras karena dapat memperparah jerawat Anda dan menciptakan lebih banyak masalah.

Cuci dengan air dingin

Air dingin untuk mencuci wajah Anda pada akhirnya akan membantu untuk membuka pori-pori Anda dan mencerahkan penampilan Anda juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro