Ilustrasi/Buzzle
Relationship

3 Tips Agar Dapat Pekerjaan Melalui Rekomendasi Teman

Andhina Wulandari
Rabu, 11 Februari 2015 - 15:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Salah satu cara mendapatkan pekerjaan adalah melalui rekomendasi dari teman. Beberapa survei bahkan menyebutkan, karyawan yang bekerja berkat rekomendasi biasanya tidak mudah mengundurkan diri dan memiliki motivasi lebih besar untuk berkompetisi.

Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda bisa mendapat pekerjaan melalui rekomendasi teman atau networking.

1. Beritahukan soal keahlian Anda

Besar kemungkinannya Anda memiliki teman yang bekerja di bidang yang sama, namun berada di perusahaan berbeda. Jangan terkesan memaksakan diri soal pencarian kerja Anda dan cobalah bicarakan lebih santai pada teman Anda.

Tunjukkan apa yang menjadi minat dan ketertarikan Anda, serta apa yang menjadi kekuatan Anda di bidang tersebut. Siapa tahu teman Anda mengetahui perusahaan yang sepertinya sesuai dengan keahlian Anda itu.

2. Kembangkan network

Ada pula kemungkinan teman Anda mengenal orang lain yang bekerja di perusahaan yang cocok untuk Anda. Tak ada salahnya minta dikenalkan dengan teman dari teman itu, karena artinya Anda telah mengembangkan jaringan kerja (network).

Semakin banyak Anda kenal dengan orang dari bidang yang sama, maka semakin besar kemungkinan Anda menemukan pekerjaan yang cocok.

3. Gunakan media sosial

Dengan banyaknya media sosial saat ini, seperti Twitter, LinkedIn, Google Plus, Facebook, dan lainnya, maka kenapa tidak Anda manfaatkan untuk mencari kerja. Angkat topik tentang Anda yang sedang mencari kerja atau lihat apabila ada orang lain yang menawarkan pekerjaan melalui media sosial. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

How Do I Look?, Serial Makeover Terkenal AS, Kini Hadir di Asia

5 Ide Makeup Sehari-hari untuk ke Kantor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Takeyourtips
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro