Hari Valentine haram di Kota Padang/Antara
Fashion

VALENTINE HARAM: Lebih Banyak Mudaratnya Kata Ketua MUI

Mohammad Sofi'i
Jumat, 13 Februari 2015 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, BATU— Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu, Jawa Timur, mengeluarkan surat edaran (SE) larangan merayakan Valentine atau Hari Kasih Sayang yang jatuh pada Sabtu (14/2/2015).

Ketua MUI Kota Batu, KH. Nur Yasin, mengatakan hukum merayakan Valentine tersebut adalah haram karena dalam Islam tidak dikenal budaya tersebut.

 “Itu adalah budaya barat yang salah kaprah sehingga menjurus kepesta dan seks bebas,” kata Nur Yasin, Jumat (13/2/2015).

Menurutnya, Islam adalah agama Rahamatan Lil Alamin yang mengajarkan umatnya cinta kepada Allah SWT dan cinta kepada sesama manusia.  Cinta dalam pengertian tersebut bukan berarti berperilaku bebas dengan merayakan Valentine seperti di negara barat yang mengarah kepada perbuatan zina dan seks bebas.

Selain itu, perayaan Valentine  juga cenderung memiliki konotasi negatif dan lebih banyak mudaratnya karena itu MUI Kota Batu mengharamkan perayaan tersebut dan menyampaikan edaran ke sekolah-sekolah yang ada di Batu.

“Tujuannya agar jangan sampai pelajar sekolah dan anak-anak muda terjebak dalam pergaulan bebas,” jelasnya

Kepala SMA Negeri 1 Kota Batu, Suprantiyo, mengatakan menyusul adanya surat edaran tersebut pihaknya telah membuat larangan kepada anak didiknya untuk merayakan Valentine.

Menurutnya sekolah mendukung imbauan yang dikeluarkan oleh MUI tersebut agar siswa tidak merayakannya. Selain itu agar sekolah juga bersih dari acara Valentine.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mohammad Sofi'i
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro