Wanita hamil mengenakan high heels/independent.ie
Health

Bahaya “High Heels” untuk Wanita Hamil

Fitri Rachmawati
Senin, 23 Februari 2015 - 09:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Wanita hamil sebaiknya hindari memakai sepatu high heels atau bertumit tinggi, karena dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut dampak buruk memakai sepatu bertumit tinggi bagi ibu hamil yang dikutip dari buku Pregnancy Questions And Answers, 2009, Daphne Metland dkk (tim BabyCentre.co.uk).

Nyeri Punggung Bawah

Terlalu lama menggunakan sepatu bertumit tinggi akan menyebabkan nyeri punggung bawah, karena menambah beban tubuh, yakni bayi dalam kandungan.

Jaringan Pengikat Sendi Meregang

Saat kondisi hamil, ligamen atau jaringan pengikat sendi biasanya melunak, sehingga dengan menggunakan sepatu bertumit tinggi dikhawatirkan akan meningkatkan risiko meregang dan merobek ligamen.

 Mudah Keseleo

Menggunakan sepatu bertumit tinggi akan meningkatkan risiko keseleo yang akan menyebabkan trauma pada kehamilan hingga keguguran jika ibu sampai jatuh.

Wanita hamil biasanya kehilangan keseimbangan tubuh, karena harus menahan beban tubuhnya yang membesar dua kali lipat yaitu bayi dalam kandungan, sehingga dengan menggunakan sepatu bertumit dikhawatirkan akan meningkatkan resiko keselo hingga terjatuh.

Untuk itu sebaiknya memilih sepatu dengan jenis tumit datar yang dinilai lebih aman dan nyaman bagi ibu hamil.

Ketua Umum Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (Pogi)  Dr. Nurdadi Saleh menganjurkan wanita hamil tidak menggunakan sepatu bertumit tinggi, karena dampak buruk bagi ibu hamil salah satunya keluhan sakit punggung bawah.

 “Jika terpaksa harus memakai sepatu bertumit tinggi ini diusahakan tidak dalam waktu yang lama [sehari-hari],” tuturnya di Jakarta,  Senin (23/2/2015).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro