Tips memakai sepatu agar tidak bau/Instagram
Health

Tips Mengatasi Bau Kaki di Saat Pakai Sepatu

Redaksi
Rabu, 17 April 2024 - 16:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri saat musim panas kaki akan lebih rentan untuk berkeringat sehingga dapat menyebabkan bau kaki yang tidak sedap.

Mempunyai bau kaki yang tidak sedap tentunya akan mengganggu segala aktivitas yang dilakukan mulai dari di dalam ruangan maupun saat diluar ruangan.

Dilansir dari draxe.com, Selasa (17/4/2024), penelitian yang dilakukan Skin and Care Foundation di Australia menunjukkan bahwa kaki berkeringat biasanya disertai dengan bau yang tidak sedap atau bau kaki yang dikenal sebagai bromhidrosis. 

Kondisi ini biasanya dimulai pada masa anak-anak atau remaja dan dapat berdampak negatif pada pendidikan, pilihan karir, dan perkembangan sosial untuk itu apabila sudah mengalami kondisi ini harus tau cara yang tepat untuk mengatasinya.

Simak cara mengatasi bau kaki saat musim panas:

1. Pastikan kondisi kaki selalu dalam keadaan bersih

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau kaki saat musim panas yakni dengan cara selalu memastikan kondisi kaki dalam keadaan yang bersih. Mulai sekarang cobalah melakukan rutinitas membersihkan kaki setiap hari yakni dengan mencucinya menggunakan sabun antibakteri.

Mencuci kaki setiap hari wajib dilakukan agar kuman atau bakteri bisa terangkat. Namun jangan lupa untuk mengeringkan kaki setelah mencucinya, saat mengeringkan oleskan kapas di sela-sela jari kaki yang telah dicelupkan kedalam witch hazel atau cuka apel. Penggunaan cuka apel ini akan membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau pada kaki.

Langkah terakhir yang harus diperhatikan yakni pastikan kaki benar-benar dalam kondisi kering, apabila kaki yang dibersihkan masih dalam keadaan lembab akan memicu pertumbuhan bakteri yang menjadi faktor utama pemicu bau tidak sedap.

2. Rendam kaki

Tips mengatasi bau kaki saat musim panas yakni dapat dilakukan dengan pengobatan sederhana di rumah, mulai sekarang cobalah untuk rutin merendam kaki dengan rendaman air garam atau rendaman teh, dan cuka sari apel.

Apabila ingin melakukan pengobatan ini pilihlah salah satu dari jenis bahan tersebut, jika Anda ingin merendam kaki dengan cuka sari apel gunakanlah dengan perbandingan 1:2 (1 bagian cuka apel dan 2 bagian air). Rendaman cuka apel dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang menjadi penyebab bau pada kaki.

Rendaman kaki lainnya yang dapat dicoba yakni rendaman teh, rendaman ini menjadi salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif. Cukup gunakan empat atau lima kantong teh untuk setiap satu liter air yang dipakai dan rendamlah kaki selama 20 menit setiap harinya. Anda dapat menggunakan jenis teh celup biasa atau teh celup mint.

Jika kedua bahan tersebut sulit ditemukan maka dapat menggunakan bahan lainnya yakni garam. Rendaman air garam dapat membantu mengurangi bau kaki, mulai sekarang cobalah merendam kaki dengan air garam selama 10 -15 menit setiap harinya agar bakteri pada kaki bisa terangkat.


3. Jangan menggunakan sepatu yang sama setiap harinya

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau kaki yakni dengan menggantinya minimal 2 kali seminggu sepatu yang dipakai. Menggunakan sepatu yang sama selama seminggu akan menimbulkan beberapa bakteri pada kaki akibat keringat yang dikeluarkan untuk itu gantilah dengan alas kaki lainnya agar sepatu yang sebelumnya dipakai dapat dicuci dan tetap terjaga kebersihannya.

Salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya kebersihan pada kaki yakni keratolisis berlubang, penyakit ini merupakan kelainan pada kulit yang ditandai dengan lubang di sekitar permukaan kaki untuk itu agar terhindar dari penyakit ini upayakan selalu menjaga kebersihan sepatu yang dipakai.

4. Mengganti kaus kaki sesering mungkin

Banyak orang yang mengabaikan untuk mengganti kaus kakinya padahal hal ini penting dilakukan karena kaos kaki merupakan salah satu tempat berkumpulnya segala jenis bakteri maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk mengganti kaus kaki yang dipakai sesering mungkin dan perhatikan saat ingin memakainya yakni pastikan kondisi kaki dalam keadaan benar-benar kering.

5. Ubah pola makan

Robert A. Kornfeld pendiri Institute for Integrative Podiatric Medicine mengatakan bahwa bau kaki dapat dipengaruhi dari bagaimana pola makan dan gaya hidup yang dijalani untuk itu wajib dalam memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi apabila ingin mendapatkan kaki yang bebas dari bakteri dan mengatasi bau tidak sedap yang ditimbulkan.

Hindarilah pola makan yang tinggi akan karbohidrat olahan karena kandungan inilah yang seringkali menjadi makanan bagi bakteri dan jamur di dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan keputihan dan bau pada kaki.

Mulai sekarang cobalah melakukan diet untuk mengurangi peradangan yang menjadi penyebab bau pada kaki, diet dapat dilakukan dengan cara menghilangkan karbohidrat olahan dan menyeimbangkan asupan protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks dengan mengonsumsi makanan yang mengandung anti inflamasi. 

Bagi Anda yang sering mengonsumsi alkohol dan rokok, mulai sekarang cobalah untuk menguranginya karena mengonsumsi dua bahan tersebut dapat meningkatkan lebih cepat bau pada kaki. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro