Ilustrasi/Corporatewellness
Relationship

4 Cara Mengurangi Rasa Cemas di Tempat Kerja

Andhina Wulandari
Jumat, 13 Maret 2015 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Rasa cemas berlebihan di tempat kerja bisa mengarah pada stres yang akhirnya mengganggu produktif serta kesehatan fisik dan mental Anda.

Ketika Anda merasa terlalu cemas dalam melakukan pekerjaan, cobalah beberapa cara berikut ini.

1. Tenangkan diri Anda dengan kata-kata penyemangat

Apa yang Anda lakukan ketika seorang teman sedang stres? Pasti Anda memberikan kata-kata penyemangat untuk mereka. Karena itu cobalah lakukan hal yang sama pada diri Anda sendiri. Katakan, “Anda tidak perlu sempurna”, atau “Anda sudah berpengalaman dalam hal ini dan pernah berhasil”.

2. Beri kritikan membangun

Jangan hanya bisa mengkritik orang lain, tapi cobalah beri kritikan membangun pada diri Anda sendiri. Lihat apa yang kurang dari hasil pekerjaan Anda dan bagaimana cara memperbaikinya.

3. Terbuka pada hal baru

Hanya terfokus pada kesalahan Anda hanya akan membuat Anda semakin stres. Cobalah terbuka pada hal-hal baru atau belajar keahlian baru. Dengan memiliki sikap positif dalam menghadapi tantangan, Anda pun bisa merasa lebih percaya diri dan mengurangi stres itu sendiri.

4. Atur kecemasan diri

Hanya Anda yang bisa mengatur diri sendiri. Jadi begitu rasa cemas berlebihan itu muncul, maka atur diri Anda sendiri untuk bisa menerima kecemasan dan adrenalin dalam tubuh Anda. Cobalah untuk selalu menanam pikiran positif, percaya bahwa Anda sudah melakukan yang terbaik, dan terima hasilnya dengan lapang dada. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Sheknows
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro