Film Indonesia/Istimewa
Entertainment

Produser Nia Dinata Sebut Lembaga Sensor Film Sarang Pungli

Newswire
Jumat, 13 Maret 2015 - 07:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Anwar Fuady resmi menjabat sebagai Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) periode 2015 sampai 2018, Kamis (12/3/2015).

 Pengangkatan Ketua LSF ini masih menimbulkan perdebatan. Anwar menggantikan Muklis Paeni, yang menjabat Ketua LSF selama dua periode, menyulut reaksi kritis dari kalangan perfilman Indonesia.

Salah satunya, produser dan sutradara Nia Dinata, pendiri dan pemilik Kalyana Shira Film.

"Lembaga Sensor Film adalah warisan orde baru yang harus direvolusi mental secara total. Selain ideologinya yang represif, LSF sudah begitu lama menjadi sarang pungli. Setiap film yang disensor harus bayar. Hal ini berlaku berikut seluruh copy yang jumlahnya bisa puluhan sampai ratusan untuk setiap film."

Wanita kelahiran Jakarta, 4 Maret 1970 ini juga menerangkan, "Belum lagi seluruh materi promosi film juga harus disensor, termasuk poster, trailer film dan sebagainya. Semua ada biayanya. Nanti, ketika film akan dibuat DVDnya, juga sensor ulang dan ada biaya lagi. Begitu juga ketika film ditayangkan di televisi, sensor ulang dan biaya lagi, lagi dan lagi,"

Nia menilai pungutan liar (pungli) dari sinetron dan program televisi juga tinggi lantaran harus disensor dan masuk dalam pengerjaan LSF.

"Coba, bayangkan berapa ratus program televisi dan sinetron per minggu? Juga iklan televisi yang harus disensor dan sebagainya. Jadi sangat banyak penerimaan negara non pajak lewat lembaga ini.”

“Ada biaya resmi dan tidak resmi yangg sudah lumrah dipatok mereka. Karena itu menurut saya, semestinya yang utama ya UU film direvisi kembali. Termasuk merevisi fungsi lembaga sensor yang dialihkan menjadi lembaga klasifikasi film bioskop dan penyiaran di televisi dan DVD juga harus dibedakan," kata Nia panjang lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro