Ilustrasi/Todaysparent
Health

Waspadai Bahaya Gusi Berdarah Berikut Ini

Reni Efita
Senin, 16 Maret 2015 - 18:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah Anda pernah mengalami gusi berdarah waktu menyikat gigi? Hal itu terjadi mungkin gusi yang sedang meradang, sehingga waktu menyikat gigi, bisa berdarah.

Gusi berdarah perlu diwaspadai, karena bisa merupakan satu tanda peradangan. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan angka 25,9%, bahwa hampir 1 dari 4 orang Indonesia pernah/sedang mengalami permasalahan gigi dan mulut. Termasuk di dalamnya permasalahan gangguan gusi yang kerap terjadi seperti gingivitis (peradangan gusi) dan gusi berdarah.

Dokter gigi yang juga Konsultan Periodontologi, drg Sandra Olivia, MARS, Sp Perio menjelaskan radang gusi adalah masalah yang sering terjadi pada gusi yang tidak sehat, dengan tanda awal gusi berdarah. Hal itu pada umumnya terjadi akibat adanya penumpukan plak, sehingga gusi meradang. Ada beberapa tanda peradangan seperti gusi bengkak, kemerahan dan pendarahan.

Kalau dibiarkan gusi berdarah, kata Sadra, maka bakteri tumbuh subur di selah-sela gigi dan rongga mulut. Hal itu dapat mengakibatkan kesehatan tulang gusi terganggu, karena gigi bisa goyang dan copot.

"Kalau gusi dan gigi dirawat dengan baik, maka gigi seseorang akan tetap awet sampai usia 65 tahun," kata Sandra disela-sela acara peluncuran kampanye Sobat Gusi Sehat, di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Ada beberapa penyebab gusi berdarah, bengkak dan bau mulut yaitu:
1. Pertanda awal adanya peradangan gusi.
2. Disebabkan oleh akumulasi plak dan karang gigi.
3. Dapat menyebabkan bau mulut dan kerusakan tulang penyangga sehingga gigi menjadi goyang dan tanggal.

Gusi berperan penting dalam mendukung kesehatan gigi dan mulut karena gusi adalah pintu masuk bakteri ke dalam tulang penyangga di sekitar akar gigi. Gusi berfungsi melindungi tulang dan akar gigi, menjaga posisi gigi, membantu tersenyum dan juga dapat mempengaruhui kesehatan tubuh secara sistemik seperti jantung, paru, dan pangkreas.

Orang yang beresiko terhadap gusi berdarah, bengkak dan bau mulut yaitu individu dewasa yang kurang menjaga kebersihan gigi dan gusi, wanita hamil, penderita diabetes, perokok aktif, dan pengguna gigi tiruan.

Sandra memberikan beberapa tips agar gusi dan gigi tetap sehat yaitu pilih pasta gigi yang untuk merawat gusi dan gigi, sikat gigi (pilih bulu halus dan kalau bulunya sudah mengembang ganti sikat gigi yang baru), lakukan cara sikat gigi yang benar, dan pola hidup perlu dijaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro