Ini Alasan Mengapa Wanita Hamil Perlu Bersihkan Karang Gigi

Ahli jaringan gusi dan tulang penyangga gigi menyarankan perempuan hamil segera membersihkan karang gigi, dan memeriksakan gusinya ke dokter.
Newswire | 17 Maret 2015 11:13 WIB
Pemeriksaan gigi - dreamatico.com

Bisnis.com, JAKARTA— Ahli jaringan gusi dan tulang penyangga gigi menyarankan perempuan hamil segera membersihkan karang gigi, dan memeriksakan gusinya ke dokter.

"47 persen perempuan hamil rentan kena masalah gusi, karena berhubungan dengan hormonal. Oleh karena itu, perempuan hamil wajib ke dokter untuk bersihkan karang gigi dan gusinya," ujar dokter gigi Sandra Olivia di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Dia mengungkapkan, saat perempuan hamil, kadar hormon estrogen naik dan turun (tak stabil). Kondisi ini salah satunya berdampak pada sistem daya tahan tubuh.

"Ketika hamil, naik turunnya hormon estrogen bisa menurunkan ketahanan gusi terhadap bakteri. Oleh karenanya, ketika muncul plak di gigi, bengkaknya gusi bisa luar biasa. Padahal dalam kondisi biasa, bengkaknya tidak hebat," katanya.

Karang gigi sebenarnya terbentuk akibat penumpukan plak di gigi. Plak ini merupakan akar dari berbagai masalah gusi, salah satunya radang gusi.

Sandra mengatakan, sebuah penelitian menunjukkan, permasalah gusi pada perempuan hamil bisa berdampak pada bayi yang dilahirkan.

Di antaranya, menyebabkan bayi lahir lebih cepat, ibu mengalami keracunan kehamilan dan bayi lahir dengan berat rendah.

"Masih dalam tahap penelitian mengapa kenapa radang gusi bisa menyebabkan keracunan kehamilan, bayi prematur dan berat badan bayi rendah," kata Sandra.

Sumber : Antara

Tag : gigi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top