Makan buah/boldsky.com
Health

Kapan Sebaiknya Anda Makan Buah? Simak Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 25 Maret 2015 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Apakah Anda ingin makan semangkuk salad buah setelah makan? Atau apakah lebih menyukai makan buah jika dicampur dengan makanan lain? Anda dapat makan buah dalam bentuk apapun karena tidak ada keraguan bahwa buah-buahan adalah satu-satunya makanan yang membuat Anda sehat.

Tetapi ada beberapa mitos tentang makan buah-buahan. Beberapa orang mungkin lebih suka makan buah saat perut kosong, orang lain ingin memakannya setelah makan siang atau makan malam.

Sebenarnya, sangat penting untuk mengetahui, kapan seharusnya buah dimakan? Haruskah buah dimakan sebelum atau setelah makan? Dapatkah Anda makan buah dengan sering atau apakah ada cara yang tepat untuk makan? Hal lain yang penting, bagaimana Anda bisa makan buah-buahan?

Anda semua tahu tentang manfaat buah-buahan untuk tubuh Anda. Sebagai contoh, serat dalam apel dan pisang membuat sistem pencernaan Anda lebih baik sementara mentimun dan semangka  efektif untuk menurunkan berat badan. Tapi Anda harus mengetahui prosedur makan buah-buahan sehingga mereka memberikan kesehatan Anda manfaat maksimal.

Jadi, kapan sebaiknya Anda makan buah? Berikut penjelasannya:

Buah harus dimakan saat perut kosong

Pada dasarnya, ketika Anda makan buah-buahan, tubuh menciptakan enzim untuk mencerna nutrisi. Sekarang, jika Anda makan di perut kosong tubuh Anda membutuhkan sedikit waktu untuk mencernanya dan nutrisi dapat diserap dengan mudah.

Jangan makan buah setelah makan besar

Jika Anda ingin makan buah setelah makan, menjaga jarak waktu 2-3 jam. Makan buah setelah makan besar membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Jadi, hal itu menyebabkan fermentasi dalam perut Anda dan menciptakan masalah seperti gangguan pencernaan, bersendawa dan lain-lain

Kapan waktu yang tepat makan buah

Ahli gizi menyarankan Anda bisa mendapatkan sebagian besar manfaat dari buah-buahan di perut kosong di pagi hari. Jika tidak, makan buah-buahan di celah antara sarapan dan makan siang.

Bagaimana seharusnya cara makan buah
Anda juga perlu mengetahui proses makan. Jika Anda sedang diet, maka sebaiknya konsumsi buah dalam bentuk salad di waktu makan siang dengan tambahan yogurt dan garam. Tapi jika Anda memiliki masalah seperti keasaman, cobalah untuk menghindarinya.

Buat Smoothies
Jika Anda tidak suka buah-buahan, maka cobalah buat smoothies. Minuman berwarna-warni dan lezat akan memikat Anda dan tentunya akan mendapatkan semua manfaat dari buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro