Melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin adalah salah satu cara deteksi dini penyakit hipertensi./JIBI
Health

HIPERTENSI: Bagaimana Cara Penanganan? Inilah Tips Mendeteksi

Deandra Syarizka
Sabtu, 11 April 2015 - 17:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin adalah salah satu cara deteksi dini penyakit hipertensi. Di sisi lain, penyakit sebetulnya bisa dicegah dengan melakukan modifikasi gaya hidup sehat.

Penanganan penyakit hipertensi pada masyarakat biasanya terbagi ke dalam tiga tahap. Penanganan pertama, dokter akan menganjurkan pasien melakukan modifikasi gaya hidupnya. Jika tekanan darah pasien masih tidak terkontrol dengan baik, maka pasien akan dianjurkan untuk melakukan terapi obat.

Beberapa modifikasi gaya hidup yang bisa dilakukan untuk pengendalian tekanan darah antara lain dengan memelihara berat badan normal, yakni memiliki Body Mass Index (BMI) antara 18.5 hingga 24.9. Kedua, dengan memperhatikan asupan makanan, antara lain dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur, susu rendah lemak dan rendah lemak jenuh.

Ketiga, mengurangi asupan garam/sodium sampai tidak lebih dari 2.4 gram/hari. Keempat, meningkatkan aktivitas fisik, misalnya dengan melakukan olahraga aerobik secara teratur seperti berjalan kaki minimal 30 menit selama empat hingga lima hari per minggu. Terakhir, batasilah konsumsi alkohol maksimal dua kali sehari untuk pria dan sekali dalam sehari untuk perempuan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro