Health

RSCM Buka Klinik OPAT

Tisyrin Naufalty Tsani
Kamis, 23 April 2015 - 14:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Kiara meresmikan klinik Peadiatric Outpatient Parenteral Antibiotic Therapy atau klinik OPAT pada hari ini.

Klinik OPAT merupakan sebuah tempat untuk memberikan pengobatan antibiotik suntikan. Pengobatan itu diberikan pada pasien-pasien yang terindikasi tanpa alternatif antibiotik minum, pasien secara klinis tidak memiliki indikasi rawat lain selain pemberian antibiotik suntik.

Staf Divisi Infeksi Tropik Pediatrik Departemen Ikatan Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)/RSCM Nina Dwi Putri mengatakan OPAT efektif digunakan pada berbagai penyakit seperti infeksi aliran darah, infeksi tulang, hingga infeksi jaringan lunak dengan komplikasi yang rendah.

"OPAT adalah suatu terobosan untuk mengatasi tingginya angka bed occupancy rate," katanya Kamis (23/4/2015).

Pelayanan OPAT di dunia pertama kali ada di Amerika Serikat pada 1974 untuk anak dengan fibrosis kistik. Standar pelayanan OPAT di AS keluar pada 1997 dan diperbaharui pada 2004.

Klinik OPAT RSCM Kiara merupakan klinik OPAT pertama di Indonesia yang terletak di lantai 2 RSCM Kiara. Klinik tersebut akan melayani pasien anak yang membutuhkan pelayanan pemberian antibiotik suntik secara rawat jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro