Aktor Chicco Jerikho (kiri) dan Rio Dewanto saat berbincang tentang film Filosofi Kopi yang mereka bintangi di Jakarta, Kamis (8/1)./Antara
Entertainment

Film-film Indonesia Ikut Ramaikan Festival Cannes

Newswire
Sabtu, 16 Mei 2015 - 10:14
Bagikan

Bisnis.com, LONDON- Beberapa film Indonesia tampil dalam rangkaian acara festival film internasional di Cannes, Prancis, yang berlangsung 13 hingga 14 Mei 2015.

Menurut Konsul Muda Staf Penerangan, Sosial dan Budaya Konsulat Jenderal RI di Marseille, Indri Ardini Kesuma, film "Tabula Rasa" tayang di ajang Cannes Cinephiles, yang digelar Cannes Cinema dan Festival de Cannes, yang memberi kesempatan kepada publik menyaksikan penayangan film-film Seleksi Resmi serta acara paralelnya itu.

Film karya sutradara Adriyanto Dewo itu masuk dalam seleksi film kategori Cinema des Antipodes di Cannes Cinephiles. Adriyanto hadir untuk memperkenalkan filmnya kepada penonton di ajang itu.

"Tabula Rasa", yang menampilkan aneka masakan khas Minangkabau yang menggugah selera, bertutur tentang ketulusan dan asa di sebuah rumah makan Padang. Dewi Irawan, Yayu Unru, dan Ozzol Ramdan ikut membintangi film itu.

Selain itu Delegasi Indonesia dari Badan Perfilman Indonesia (BPI) menyertakan film pendek arahan sutradara Lucky Kuswandi "The Fox Exploits the Tiger's Might" untuk kompetisi La Semaine de La Critique, seksi independen Festival de Cannes yang digelar French Film Critics Syndicate.

Film yang bercerita tentang pergulatan dua anak laki-laki menjelang remaja dengan seksualitas mereka itu antara lain diperankan oleh Atreyu Artax Moniaga, Kemas Fauzan, Stefanny Marcelina Sugiharto, dan Surya Saputra.

Sementara "Filosopi Kopi", yang kisahnya diadaptasi dari buku kumpulan cerita "Filosofi Kopi" karya Dewi Lestari, tayang dalam sesi Market Screening.

Sekitar 40 orang calon pembeli dan pengamat film menyaksikan "Filosofi Kopi" di ajang itu dan melewati ujian five-minutes screening (tayangan lima menit), di mana calon pembeli dan pengamat film biasanya hanya menonton lima menit pertama bila film dinilai tidak menarik.

"Filosofi Kopi" berhasil membuat penonton tidak beranjak sampai film yang antara lain dibintangi oleh Rio Dewanto dan Chicco Jerikho itu berakhir.

Delegasi Indonesia juga menyediakan gerai Indonesian Cinema yang menyebarkan berbagai informasi mengenai perfilman, kebijakan dan perkembangan perfilman Indonesia serta menyediakan ajang transaksi bisnis serta promosi industri film Indonesia.

Pertemuan bisnis antara lain sudah dilakukan delegasi Indonesia dengan pelaku industri film dari Hongkong dan Prancis.

Duta Besar Indonesia di Prancis Hotmangaradja M. P. Pandjaitan menghadiri upacara pembukaan Festival Film Cannes, yang ditandai dengan pemutaran film "La Tete Haute" karya sutradara Emanuelle Bercot yang dibintangi oleh Catherine Deneuve. Ia juga memberikan sambutan sebelum penayangan film "Tabula Rasa".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro