Anak-anak bertengkar. /focusforwardcc.com
Health

Ratih Zulhaqqi: Ini Tips Tangani Anak-anak Bertengkar

Ipak Ayu H Nurcaya
Senin, 18 Mei 2015 - 23:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Psikolog anak dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia (UI) Ratih Zulhaqqi membagi tips menyikapi anak yang sedang bertengkar atau jika terjadi sibling rivalry.

Pertama, pisahkan anak-anak sampai mereka tenang. Kadang-kadang hal yang perlu dilakukan adalah yang memberi mereka ruang untuk beberapa saat. Jika tidak, pertengkaran bisa meningkat lagi. Jika orang tua ingin menasehati anak, tunggu sampai emosi telah mereda.

Kemudian Jangan berusaha untuk mencari siapa yang salah. Namun ajarkan anak jika mereka terlibat pertengkaran maka mereka pun yang bertanggung jawab.

Selanjutnya, cobalah untuk membuat sebuah win-win situation, di mana setiap anak dapat memperoleh suatu kesempatan. Ketika mereka berdua menginginkan mainan yang sama, mungkin sebagai gantinya dapat dilakukan permainan lain yang mereka bisa bermain bersama.

"Sebagai anak-anak yang sedang mengatasi pertengkaran, mereka juga belajar keterampilan untuk menghargai perspektif orang lain, berkompromi, bernegosiasi, dan bagaimana mengendalikan dorongan agresif. Oleh karena itu sikap bijaksana orang tua harus diterapkan di sini," kata Ratih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro