Poster Pameran/galeri-nasional.or.id
Ekspo

Pameran Seni Rupa Nusantara Kembali Digelar di Galeri Nasional

Yustinus Andri DP
Minggu, 24 Mei 2015 - 02:22
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta—Galeri Nasional Indonesia akan menggelar Pameran Seni Rupa Nusantara 2015 pada 25 Mei – 7 Juni 2015.

Event akbar dua tahunan (biennale) ini dihelat untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi para perupa di Nusantara dalam menunjukan potensi, kreativitas dan eksistensinya.

Pameran Seni Rupa Nusantara 2015 merupakan penyelenggaraan yang ke-8, setelah sebelumnya pernah dihelat pada 2001, kemudian 2002, 2005, 2007, 2009, 2011, dan 2013, dengan mengangkat tema yang berbeda.

Pada 2015 ini, Pameran Seni Rupa Nusantara mengusung tajuk ART–CHIPELAGO. Pameran akan mengajak para pengunjung untuk menilik politik identitas yang menjadi problematika besar di ranah kebudayaan.

Padahal, identitas bukanlah sesuatu yang final, karena terus berubah, berkembang, dan berfluktuasi dengan segala pengaruh sosial, kultural, hingga efek dari berkembangnya budaya media dan teknologi.

Di sisi lain, pameran ini juga berusaha menggali sejauh mana konteks kenusantaraan dialami, dibaca, dan diwacanakan para perupa.

Konteks kenusantaraan tersebut akan dipertunjukkan melaluii kesadaran pengalaman sosial dan kultural dari berbagai generasi dan tempat.

Dikuratori Suwarno Wisetrotomo, Asikin Hasan, dan A. Sujdud Dartanto, selain diikuti seniman Indonesia, pameran ini juga mengundang sejumlah perupa dari negara tetangga.

Pameran akan menampilkan 106 hasil karya 106 perupa yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Dari 106 perupa, 97 di antaranya merupakan peserta yang lolos seleksi dari 23 provinsi di Indonesia, melalui tahap Open Application.

Sedangkan 9 perupa lainnya merupakan peserta yang diundang secara khusus oleh Galeri Nasional Indonesia.

Para perupa tersebut akan menampilkan karya lukis, drawing, instalasi, seni grafis, keramik, komik, video art, multimedia, dan karya seni rupa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro