Cukur kumis/feveable.com
Fashion

Tips Mencukur Kumis & Jenggot yang Tepat

R Wibisono, Azizah
Selasa, 26 Mei 2015 - 07:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Mencukur jenggot dan kumis adalah rutinitas untuk sebagian lelaki. Mencukur jenggot dan kumis asal-asalan bisa membuat kulit kasar, muncul ruam-ruam dan kemerahan.

Berikut tips mencukur bulu jenggot dan kumis yang baik dan benar, seperti dilansir Boldsky, Jumat (15/5/2015).

Pagi hari
Mencukur bulu jenggot pada pagi hari diyakini lebih menjaga kesehatan kulit daripada mencukur saat malam hari. Suasana menyegarkan saat pagi hari dapat mempermudah proses pencukuran bulu jenggot dan kumis seseorang sekaligus memberikan tekstur yang halus pada kulitnya.

Cucilah wajah
Sebelum memangkas bulu jenggot dan kumis, sebaiknya cucilah wajah terlebih dahulu. Selain tidak akan membuat pisau cukur cepat tumpul, mencuci area jenggot dan kumis terlebih dahulu dapat membuat tekstur kulitnya menjadi halus. Mencuci sebelum mencukur juga dapat mencegah infeksi akibat pencukuran.

Krim cukur

Untuk mempermudah proses pencukuran, sebaiknya gunakanlah krim khusus mencukur. Pilihlah krim pencukur yang sesuai dengan jenis kulit. Krim berjenis gel baik untuk kulit berminyak. Dan krim berjenis lotion baik untuk kilit kering.

Pisau tajam
Gantilah pisau yang telah berkarat dengan pisau baru yang tajam. Jangan takut menggunakan pisau yang tajam saat mencukur.

Selain mempercepat proses pemangkasan, pisau tajam juga dapat menghindarkan seseorang mengalami ruam kulit akbat mencukur. Ruam kulit biasanya disebabkan oleh penggunaan pisau tumpul yang telah lama digunakan.

Pencukuran dengan pisau tumpul juga berpotensi menjadikan kulit kemerahan dan bisa memunculkan bintik-bintik merah pada wajah.

Sesuai arah tumbuh
Cukurlah bulu jenggot dan kumis sesuai arah tumbuhnya. Hal ini dapat mencegah tumbuhnya rambut secara tidak beraturan. Selain itu, hindarilah mencukur berkali-kali di tempat yang sama, karena dapat melukai kulit.

Bilas
Setelah selesai mencukur, gunakanlah air dingin untuk membilas area pencukurannya. Air dingin dapat membantu menghasilkan tekstur bersih dan halus pada kulit jika dibandingkan dengan air hangat. Air dingin juga mampu memperkecil pori-pori kulit seseorang setelah mencukur tadi.

Pelembab

Setelah selesai mencukur dan membilasnya dengan air dingin, oleskanlah lotion atau pelembab sebagai langkah terakhir. Menggunakan lotion atau pelembab pada jenggot setelah selesai mencukur dapat mencegah kulit kering. Selain itu, pemberian pelembab tersebut dapat membuat kulit halus dan bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro