Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PERSONAL BRANDING: Siapapun Butuh Pencitraan. Termasuk Wartawan

Pencitraan atau yang juga dikenal dengan istilah personal branding biasanya melekat pada tokoh masyarakat, orang terkenal atau politisi. Padahal, pencitraan sebetulnya juga diperlukan bagi siapapun, termasuk bagi jurnalis.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 28 Mei 2015  |  21:59 WIB
PERSONAL BRANDING: Siapapun Butuh Pencitraan. Termasuk Wartawan
Wartawan - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pencitraan atau yang juga dikenal dengan istilah personal branding biasanya melekat pada tokoh masyarakat, orang terkenal atau politisi. Padahal, pencitraan sebetulnya juga diperlukan bagi siapapun, termasuk bagi jurnalis.

Hal tersebut diungkapkan oleh konsultan branding dan ethnographer ETNOMARK Consulting Amalia Maulana. Menurutnya, masih banyak terjadi miskonsepsi seputar personal branding sehingga masih banyak yang tidak serius melakukannya.

“Semua orang butuh membina personal brand-nya, termasuk jurnalis. Misalnya ketika membina hubungan baik dengan narasumber, jangan hanya muncul ketika perlu, setelah dapatkan informasi yang dibutuhkan lalu pergi begitu saja,” ujarnya saat memberikan pelatihan Personal Branding for Journalist di Gedung Dewan Pers, Kamis (28/5/2015)

Sebaiknya, jurnalis tetap membina hubungan baik dengan narasumbernya melalui berbagai cara.

Salah satunya, dengan menyapa narasumbernya secara personal, misalnya ketika bertemu di suatu acara atau pada momen istimewa seperti ulang tahunnya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan berita yang sudah dimuat kepada narasumber.

“Ketika narasumber sudah menjadi stakeholder yang soulmate dengan jurnalis, maka mereka akan lebih mudah dijangkau ketika di masa yang akan datang sang jurnalis tersebut perlu untuk mewawancarai kembali narasumber,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pencitraan branding Personal Branding
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top