Ilustrasi/Humanresourcesglobal
Relationship

6 Cara Taklukkan Pekerjaan di Kantor yang Didominasi Pria

Andhina Wulandari
Jumat, 5 Juni 2015 - 09:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Selalu ada kesulitan bagi wanita yang bekerja di kantor yang didominasi para pria. Anda juga harus bisa bekerja dengan taktik tertentu untuk bisa menaklukkan pekerjaan, yang mungkin dianggap hanya cocok dilakukan pria.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menaklukkan pekerjaan di lingkungan kantor yang didominasi oleh pria.

1. Jangan malu bersuara

Anda tidak akan menarik perhatian atasan dengan duduk manis, bekerja, dan menunggu kesempatan besar datang dengan sendirinya. Para pekerja pria biasanya tidak malu-malu meminta untuk bertanggung jawab sebuah proyek besar, karena itu Anda pun juga harus berani.

2. Pergi di luar jam kantor

Jangan pernah segan untuk ikut bergabung bersama rekan kerja pria yang lain di luar jam kantor. Ini merupakan satu cara untuk bisa mendekatkan diri dan mengenal mereka di luar lingkungan kerja. Jika Anda tidak diajak, coba saja ajak duluan untuk sekadar makan malam, minum kopi, atau karaoke sepulang kantor.

3. Jangan mudah tersinggung

Para pria kadang biasa bicara seenaknya, termasuk ketika melontarkan guyonan. Jika itu terjadi pada Anda, jangan langsung tersinggung. Cukup tertawa atau balas saja dengan candaan lainnya, supaya mereka tahu bahwa Anda bisa bergaul dengan mudah.

4. Tahu kapan untuk bilang “Tidak”

Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk bilang “Tidak”. Misalnya, rekan kerja minta bantuan padahal Anda pun sedang direpotkan dengan tenggat waktu. Anda harus bisa menolaknya, supaya pekerjaan orang lain tidak juga menjadi beban Anda. Katakan saja padanya, bahwa Anda akan bisa membantu ketika sudah menyelesaikan pekerjaan sendiri.

5. Temukan kelebihan Anda

Jangan ragu untuk menunjukkan kelebihan Anda dalam pekerjaan, terutama yang Anda yakin tidak dimiliki oleh rekan kerja yang lain. Apakah itu kemampuan Anda dalam memberikan presentasi, kemampuan mendengarkan, sosialisasi, atau negosiasi. Cobalah untuk selalu tonjolkan dalam setiap pekerjaan.

6. Carilah mentor

Saat berada di kantor yang didominasi pria, cobalah cari seorang mentor atau rekan kerja senior yang bisa mengajari Anda tentang pekerjaan. Dengan memiliki mentor, Anda bisa punya seseorang yang akan selalu mendukung dan memberi masukan perihal pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Thedailymuse
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro