Aktor Christopher Lee berperan sebagai Penyihir putih Saruman di film The Lord of The Rings/lotrwikiacom/yus
Entertainment

Kilas Sosok Christoper Lee 'Si Penyihir Saruman'

Dini Hariyanti
Jumat, 12 Juni 2015 - 00:35
Bagikan

Bisnis.com, LONDON--Siapa sangka dari keluarga militer bercampur seni yang tinggal di London, Inggris pada 1920-an lahir seorang aktor kawakan yang berkarir selama puluhan tahun.

Nama lengkapnya Christopher Frank Carandini Lee. Pria yang meninggal pada usia 93 tahun ini lahir pada 27 Mei di London, Inggris.

Pria yang membintangi lebih dari 250 film itu berayah seorang kolonel di Korps Kings Royal Rifle. Sementara ibunya, Contessa Estelle Marie Carandini, tercatat sebagai seorang model cantik bagi sejumla lukisan dan patung.

Pintu karir menuju dunia layar kaca bermula dari kontrak dengan Rank Organisation selama tujuh tahun pada 1940-an. Ini diperoleh Lee berkat bantuan seorang duta besar Italia, saudara sepupu ibunya.

Dari sanalah perjalanan panjang Lee menjadi bintang film berlangsung. Kepiawaiannya berakting diasah dari berbagai peran kecil dalam pertunjukan teater. Suara baritonnya yang khas sempet dimanfaatkan untuk menguatkan salah satu perannya sebagai penyanyi.

Pada 1957 Lee akhirnya teken kontrak dengan rumah produksi Hammer Film. Rumah produksi ini merilis kembali sejumlah film-film horor klasik.

Penampilan pertama Lee untuk Hammer Film ada dalam film The Curse of Frankenstein.  Setahun kemudian dia tampil sebagai vampir dalam film Dracula.

Kiprahnya bersama Hammer terjalin dalam sejumlah film lain a.l. Rasputin the Mad Monk, The Mummy, dan The Hound of the Baskervilles. Selain itu, Lee juga membintangi film The Devil Rides Out, The Wicker Man, dan James Bond.

Lee sempat tumbuh besar di Swiss. Ibunya membawanya ke negara ini setelah bercerai dengan suami alias ayah Lee. Tapi aktor ini akhirnya kembali ke Inggris saat sekolah di Wellington College di Berkshire.

Sekembalinya usai bergabung dengan militer pada 1939, Lee masuk ke Royal Air Force. Dia gagal menjadi pilot lantaran pengelihatannya tak sempurna lantas menjadi seorang letnan penerbang alias Flight Lieutenant.

Kemudian, dia terkenal dalam sang penyihir Saruman dalam skuel film Lord of the Rings.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Sumber : berbagai sumber
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro