Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

Ini Penyebab Lansia Rentan Depresi

Duwi Setiya Ariyanti
Sabtu, 27 Juni 2015 - 11:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Usia bertambah tanpa diiringi kejiwaan yang sehat akan mengakibatkan orang lanjut usia (lansia) rentan terkena depresi. Apa saja penyebabnya?

Psikolog klinis dewasa dari Personal Growth Veronica Adesla mengatakan, paling tidak terdapat lima penyebab orang lansia rentan mengidap depresi. Tiga di antaranya muncul akibat faktor dari dalam. Selebihnya muncul dari lingkungan.

Berikut lima penyebab orang lansia rentan mengalami depresi:

1. Perefleksian terhadap masa lalu yang negatif

Gambaran yang dibuat terhadap masa lalu begitu negatif. Gambaran masa lalu orang lansia muncul berupa penyesalan karena apa yang dilakukan belum sebaik yang dibayangkan. Selain itu, merasa hidupnya tak bermakna karena belum melakukan hal yang berarti.

2. Tidak memiliki keterlibatan vital dalam masyarakat

Peran di kehidupan sosial ternyata berkontribusi dalam menyebabkan bahkan mencegah terkena depresi. Tidak memiliki peran di kehidupan sosial membuat orang lansia terpuruk karena merasa tak dibutuhkan dan tak dirasakan keberadaannya.

3. Ketidakmampuan membiayai hidup di masa tua

Kemampuan finansial pun turut menyebabkan seseorang lansia terkena depresi. Bayangan diri menjadi orang lansia yang tak berdaya karena tak bisa membiayai hidup sendiri akan menjadi tekanan dan mengakibatkan depresi.

4. Hidup atau tinggal sendiri

Interaksi sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Sama seperti yang lainnya, orang lansia yang tingg sendiri tanpa ada interaksi sosial akan memperbesar peluang terkena depresi. Perceraian, kematian pasangan, tidak menikah dan atau tidak adanya kerabat keluarga yang dekat menyumbang terjadinya depresi.

5. Kekhawatiran berlebihan terhadap kondisi fisik

Kekhawatiran berlebih terhadap penyakit di usia lanjut, sangat menyiksa orang lansia. Apalagi, bayangan tentang kematian terasa begitu dekat di usia senjanya bisa memperburuk keadaan orang lansia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro