Sungai Kapuas di Kalimantan Barat/indonesia.travel
Travel

KARNAVAL KHATULISTIWA: Jangan Punggungi Sungai!

Akhirul Anwar
Sabtu, 22 Agustus 2015 - 12:06
Bagikan

Bisnis.com, PONTIANAK -- Karnaval Khatulistiwa digelar di Kalimantan bertujuan untuk menjadikan Kota Pontianak sebagai water front city alias menjadikan sungai sebagai beranda depan. 

Di abad 1700, Sungai Kapuas menjadi pusat peradaban dimana aktivitas ekonomi masyarakat Pontianak mengandalkan alur sungai. Tapi, zaman semakin modern, sungai justru dibelakangi. Hal inilah yang akan dibangkitkan lagi lewat semangat karnaval.

"Tema Ayo Kerja Karnaval Khatuliswita merencanakan Pontianak jadi water front city, kota yang menjadikan sungai sebagai beranda depan, karena kita sudah terlalu lama memunggungi sungai, padahal tahun 1700 sudah menghadap sungai," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Pontianak, Sabtu (22/8/2015).

Kehebatan ini, kata Menteri Arief, seharusnya ditingkatkan agar bisa seperti kota air di dunia seperti Lyon Prancis dan Venezia Italia yang menjadi objek wisata menarik pelancong seluruh dunia.

Indonesia memiliki ribuan sungai dan beberapa yang besar berpotensi untuk dikembangkan seperti Barito, Mahakam, Pasar Apung, Sungai Musi dan Kapuas.

Arief menambahkan, hal itu bisa dibangkitkan melalui festival-festival budaya yang akan dijadwalkan rutin setiap tahun.

Pemerintah Sumatra Selatan (Sumsel) telah mengajukan diri untuk menyelenggarakan karnaval Sungai Musi tahun 2016 untuk pemanasan sebelum event olahraga internasional Asian Games 2018.

"Sumsel menginginkan tahun depan, tapi keputusannya Pak Presiden," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro