Wisuda di kampus UI. / Bisnis
Relationship

Mau Kuliah Mahal? Ini Daftar Pilihan Lain untuk Sukses

Yulianisa Sulistyoningrum
Minggu, 6 September 2015 - 05:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tidak semua orang mengambil keputusan untuk meneruskan kuliah setelah lulus dari sekolah menengah atas, dikarenakan beberapa faktor. Beberapa anak memilih untuk mencari hal-hal yang harus dilakukan selain meneruskan ke perguruan tinggi tetapi masih bisa berhasil dalam hidup di kemudian hari.

Jika Anda tidak dapat memasuki jenjang perguruan tinggi karena situasi keluarga Anda, tidak perlu khawatir karena Anda hanya mengambil jalan yang jarang dilalui kebanyakan orang. Ada banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan selain pergi ke perguruan tinggi. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan seperti yang dilansir dari allwomenstalk:

Melakukan perjalanan Sendiri

Sampai tahun Senior, Anda belum pernah memiliki kesempatan untuk bepergian sendiri. Sekarang adalah saat yang tepat Anda bisa menggunakan kesempatan ini sebagai kesempatan untuk belajar tentang budaya lain dan menyerap segala sesuatu yang ditawarkan dunia. Sekarang Anda resmi menjadi orang dewasa dimata hukum, sehingga Anda dapat memutuskan langkah apa yang bisa Anda ambil dari sini.

Mencari Pekerjaan

Beberapa siswa memutuskan untuk bekerja setelah lulus. Baik untuk mendukung ekonomi keluarga mereka atau mendapatkan sesuatu yang memang mereka inginkan dalam hidup. Mendapatkan pengalaman awal dibidang yang Anda minati dapat memberikan gambaran apakah itu cocok dengan Anda. Jika Anda benar-banr yakin tentang apa karir yang ingin Anda kejar, mungkin sekarang sudah waktunya mencari tahu.

Menjadi Sukarelawan

Menjadi sukarelawan juga merupakan cara bagus untuk belajar tentang bidang Anda. Ini adalah cara terbaik untuk memberikan kepada lingkungan Anda. Anda tidak hanya akan merasa lebih baik setelah Anda memberikan kembali kepada masyarakat, tetapi juga akan dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan menjadi bagian dari pencetus sesuatu. Pengalaman berharga seperti itu kadang-kadang dapat diukur sama seperti pendidikan tinggi.

Mencari Lebih Banyak Pengalaman Hidup

Masa sekolah tidak mempersiapkan Anda untuk menghadapi dunia nyata. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang merasa tersesat setelah mendapatkan ijazah mereka. Sembari menunggu karir tidak ada salahnya mendapatkan pengalaman hidup terlebih dahulu. Anda ingin menetapkan diri Anda sebagai bagian masyarakat agar dapat menggerakkan hal-hal yang lebih besar lagi.

Memulai Bisnis Sendiri

Tidak semua orang membutuhkan pendidikan tinggi untuk menuju kesuksesan. Banyak yang sudah menetapkan pada apa yang mereka inginkan dan bagaimana mereja ingin capai. Sehingga sebagian besar dari mereka mengambil resiko dengan melompat karir tersebut. Banyak yang berhasil, namun tidak jarang pula yang gagal. Tapi ini lebi baik daripada tidak melakukan apa-apa sementara semua rekan-rekan Anda yang lain berada jauh di perguruan tinggi.


Meskipun selalu dianjurkan untuk pergi ke perguruan tinggi untuk mendapat gelar, tidak semua orang bisa mengikuti jalan tersebut untuk menuju sukses. Meski mungkin membutuhkan lebih banyak pekerjaan, Anda masih bisa melakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro