Ilustrasi/Thebusinesswomanmedia
Relationship

5 Cara Cegah Multitasking Saat Bekerja

Andhina Wulandari
Selasa, 8 September 2015 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Anda mungkin berpikir dengan bekerja multitasking alias mengerjakan lebih dari dua pekerjaan dalam satu waktu, bisa membuat pekerjaan Anda lebih cepat selesai.

Pada kenyataannya, bekerja multitasking hanya akan membuat Anda tidak fokus dan hasil pekerjaan pun belum tentu maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah multitasking saat Anda bekerja.

1. Susun skala prioritas setiap kali Anda memulai hari bekerja Anda. Buat prioritas pekerjaan dengan membaginya ke dalam tiga kelompok, yaitu pekerjaan yang harus dikerjakan, pekerjaan yang sebaiknya dikerjakan, dan pekerjaan yang ingin Anda kerjakan. Fokuslah pada yang harus dikerjakan dan yang paling mendesak.

2. Ketika ada pekerjaan mendadak, pikirkan dulu sebelum Anda mengerjakannya. Hanya karena sebuah pekerjaan datang mendadak, bukan berarti Anda harus mengerjakannya sesegera mungkin. Kembali lagi ke daftar prioritas Anda untuk menentukan penting tidaknya pekerjaan yang mendadak itu.

3. Jangan bekerja sendirian. Siapa tahu pekerjaan yang harus Anda kerjakan itu bisa dikerjakan bersama-sama dengan tim atau Anda bisa saling membagi tugas dengan rekan kerja. Tak perlu ragu meminta bantuan, jika memang Anda merasa tak sanggup melakukan semuanya sendirian.

4. Ketika semua pekerjaan terlihat berantakan, mundurlah sejenak. Tenangkan pikiran Anda dulu supaya bisa fokus akan apa yang harus dikerjakan dan temukan solusi dari masalah yang Anda alami. Begitu Anda sudah tenang, maka pikiran pun akan lebih jernih.

5. Multitasking mungkin terasa nyaman, tapi bisa membuat Anda kewalahan. Dengan menyadari hal ini, Anda akan lebih berkonsentrasi dan menyempitkan fokus Anda untuk menyelesaikan satu pekerjaan dulu sebelum akhirnya mengerjakan hal yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Huffpost/Careerealism
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro