FESTIVAL FILM INDONESIA 2015: Ada Dua Kategori Baru

Film Indonesia 2015 dijadwalkan akan digelar pada 21 November di Tangerang, Banten. Ada 17 kategori yang terdiri dari 13 kategori film bioskop dan 4 kategori non bioskop. Termasuk dua kategori baru yang mendapatkan piala citra, yakni pemain anak-anak terbaik dan FTV terbaik.
Azizah Nur Alfi | 12 September 2015 11:41 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Festival Film Indonesia 2015 dijadwalkan akan digelar pada 21 November di Tangerang, Banten. Ada 17 kategori yang terdiri dari 13 kategori film bioskop dan 4 kategori non bioskop. Termasuk dua kategori baru yang mendapatkan piala citra, yakni pemain anak-anak terbaik dan FTV terbaik.

Kategori lain a.l. peran utama wanita dan pria terbaik, peran pembantu wanita dan pria terbaik, sutradara, penulis skenario, sinematografi, efek visual, penyunting gambar, penata suara. Sedangkan empat film non bioskop yaitu, FTV, film animasi, film dokumenter, dan film pendek.

Ketua Badan Perfilman Indonesia Kemala Atmaja menuturkan piala citra diberikan kepada kategori pemain anak terbaik untuk menghargai pemeran anak. Piala citra ini juga diharapkan dapat mendorong agar anak-anak juga serius dalam dunia seni peran.

Sedangkan kategori FTV sebelumnya masuk dikompetisikan dalam Piala Vidya. Namun, pada tahun ini Piala Vidya ditiadakan. Sehingga FTV masuk ke kategori Piala Citra.

Menurutnya, ini dilakukan untuk mengembalikan roh FFI yakni ajang penghargaan untuk insan film.

"Bisa jadi tahun depan FTV pun dihilangkan dari FFI," katanya, Minggu (12/9/2015)

Dalam pola penjurian FFI, Jajang C Noer ditunjuk sebagai ketua I Bidang Penjurian. Pola penjurian melibatkan 100 juri yang memiliki kapasitas di bidangnya. Mereka datang dari latar belakang musik, film, teater, dan budayawan. Nama-nama besar yang terlibat a.l. Widyawati, El Manik, Niniek El Karim, Romo Benny Susetyo, Tommy Awuy, Reza Rahadian, Slamet Rahardjo.

Pola penilaian melalui dua tahap. Pada tahap pertama digelar pada 15 Oktober-9 November, akan menyaring semua film yang masuk ke dalam lima nominasi dari setiap kategori. Lima orang juri dari setiap kategori akan menonton film dan memasukkan film pilihan mereka secara online. Pada tahap berikutnya, lima nominasi yang terpilih dari setiap kategori akan dipilih oleh semua pakar, hingga mendapatkan satu nama peraih Piala Citra.

Pendaftaraan FFI 2015 telah dibuka mulai 9 September kemarin dengan kriteria film yang dirilis mulai November 2014 hingga Oktober 2015.

Tag : festival film
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top