Ilustrasi/Reuters-Matthew Tostevin
Health

Dalam Sehari Anak-Anak Habiskan 3 Jam Untuk Game, Video, dan Medsos

Dimas Novita Sari
Senin, 21 September 2015 - 18:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah jajak pendapat mengungkapkan anak-anak menghabiskan rata-rata hampir 3 jam sehari di depan layar, bermain game, menonton video, atau mengakses media sosial.

Para orang tua mengungkapkan hampir setengah dari anak-anak mereka kecanduan smartphone dan komputer tablet. Sekitar 47% orang tua mengatakan anak-anak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar dan 43% lainnya menilai hal tersebut dapat berdampak pada emosi anak.

Dikutip dari DailyMail, Senin (21/9/2015), lebih dari setengah dari para orang tua atau sekitar 54% mengkhawatirkan anak-anak mereka mengakses konten seksual.

Sementara 52% mencemaskan anak-anak mereka melihat kekerasan atau bertemu orang asing secara online.

Sebanyak 49% orang tua lainnya meresahkan adanya intimidasi secara online.

Penelitian tersebut juga menyebutkan karena ketergantungan terhadap perangkat elektronik tersebut -- seperti aktivitas memeriksa posting di orang-orang seperti Snapchat, Instagram, dan Facebook membuat -- mereka kekurangan waktu tidur sehingga tidak dapat optimal di sekolah.

Sementara itu, survei yang dilakukan The ComRes menyebutkan dua dari tiga orang tua mengatakan mereka menggunakan tablet, smartphone, atau komputer ketika menghabiskan waktu dengan anak-anak mereka dan 59% menggunakan device sebagai hukuman atau hadiah.

Banyak orang tua percaya bahwa manfaat dari teknologi lebih besar dari pada kerugian yang ditimbulkan, dengan 84% sangat positif tentang peran tablet dan smartphone dalam pendidikan.

Bahkan, studi ini menemukan hanya satu dari lima orang tua mengatakan anak-anak mereka menggunakan layar lebih banyak untuk kegiatan sekolah dan pekerjaan rumah.

Hal itu sangat jauh jika dibandingkan dengan 54% orang tua yang mengatakan anak-anak mereka menggunakan peragkat berlayar untuk main game dan 38% lainnya untuk menonton Youtube.

Sementara itu, seperempat orang tua menyatakan media sosial merupakan hal yang paling sering digunakan oleh anak-anak mereka melalui smartphone dan sebagainya.

Jajak pendapat itu dilakukan kepada 1.056 orang tua yang memiliki anak-anak berusia di bawah 18 dan menemukan anak Inggris rata-rata menghabiskan 2 jam 56 menit di depan layar setiap hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro