Ilustrasi/Dailymail-Alamy
Fashion

TREN MAKEUP: Wajah Bak Pualam dengan Teknik Strobing

Wike Dita Herlinda
Minggu, 27 September 2015 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Beberapa tahun lalu, makeup matte yang bebas kilap sempat menjadi tren yang digandrungi di kalangan perempuan. Namun, belakangan ini kaum Hawa tampaknya semakin mengnginkan kulit mereka tampak bagaikan bercahaya dari dalam.

Untuk mendapatkan wajah tampak bersinar, tidak selalu harus didapatkan dari perawatan di klinik kecantikan yang menelan biaya hingga belasan hingga puluhan juta. Penggunaan teknik riasan wajah yang tepat dapat memenuhi keinginan untuk memiliki wajah bak pualam.

Beberapa tahun lalu muncul teknik riasan dewy makeup dengan hasil akhir bersinar dan terkesan sedikit berminyak di titik-titik tertinggi wajah seseorang, seperti tulang pipi dan tulang alis.

Namun, belakangan ini muncul teknik baru yang serupa dan sedang sangat digandrungi di berbagai negara. Teknik yang disebut strobing tersebut melibatkan highlight di hampir seluruh bagian wajah.

Teknik tersebut digunakan untuk memahat wajah dengan material kosmetik yang memantulkan cahaya (light reflecting), ketimbang penggunaan shading atau counturing yang menggelapkan bagian wajah tertentu.

Pada awalnya, teknikstrobing banyak digunakan oleh para supermodel di lintasancatwalkmaupun untuk flash photography yang menonjolkan cahaya di wajah seseorang untuk menunjukkan kesan awet muda.

Namun, dalam perkembangannya teknik riasanstrobingsemakin banyak diaplikasikan perempuan pada umumnya. Wajah yang terkesan bersinar (glowing) dari dalam menjadi semakin mudah dijumpai di luar arena catwalk.

Makeup Artist Professional dari Puspita Martha International Beauty School, Citra Adityana, menjelaskan heboh teknik countouring ala Kim Kardashian sudah semakin pupus, dan mulai tergantikan oleh tren strobing.

Strobing ini adalah teknik membentuk kontur wajah dengan membubuhkan highlighter atau glitter di titik-titik tertentu pada wajah. Hasil akhirnya adalah kulit wajah yang berkilau, eksotis, dan seksi, tuturnya.

Tren ini, sambungnya, bermula sejak booming budaya populer Korea menjamah konsumen Barat. Riasan Korea sangat mengedepankan unsurmul-gwang, atau kilap di wajah. Bahkan, bisa dibilang, wanita Korea sangat terobsesi dengan highlight.

 

 

Di pasaran, ada banyak produk yang dapat digunakan untuk teknikstrobing, baik dalam bentuk krim, balsam, bedak padat, hingga jel. Alternatif lain yang dapat digunakan adalahglitter.

 

Beberapa produk untukstrobingyang laris di pasaran a.l. MACstrobe creamdanstrobe liquid, Hourglassambient lighting powder, NYXborn to glow liquid illuminator, serta The BalmMary-Lou manizer.

 

Citra menjelaskan teknikstrobingdilakukan sebelum membubuhkan makeup. Produkhighlighterdipulaskan di tulang pipi, tulang alis, atas bibir (cupids bow), atas hidung, tengah alis (nose bridge), kening/pelipis, serta dagu.

 

Gunanya adalah untuk memperkuat aksen pada tulang pipi atau membuat pipi Anda tampak lebih terangkat, menegaskan kesan jenjang pada hidung, serta memberi kesan bibir lebih penuh.

 

Intensitashighlighteryang disapukan, disesuaikan dengan kebutuhan. Demikian juga warnahighlighteryang digunakan sebaiknya menyesuaikan dengan warna dasar kulit wajah. Untuk penggunaan sehari-hari, atau acara nonformal, sebaiknyahighlightdipulaskan tipis-tipis saja.

 

Namun, untuk acara yang lebih spektakuler sepertired carpetatau galadinner,highlightdi bagian tertentu dapat dipertebal. Misalnya, di bagian tulang pipi hingga pelipis (c-section) sertacupids bow.

 

Bagaimanapun, Citra memperingatkan penggunaan teknikstrobinguntuk kulit berminyak sebaiknya dilakukan dengan ekstra hati-hati. Sebab, jika terlalu tebal, justru akan membuat kulit wajah tampak makin mengkilap.

 

Sayangnya tren ini masih belum terlalu populer di Indonesia, karena banyakbeauty enthusiastsyang sangsi terhadap teknik tersebut. Sebab, selain belum tentu cocok dengan iklim Indonesia, teknik ini tidak cocok untuk kulit berminyak, jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro