Penari Singo Barong dan Klonosewandono menampilkan seni tari Reog pada pementasan Reog Bulan Purnama di Ponorogo, Jatim/Antara
Show

Saksikan Grebek Suro 2015 dan Festival Reyog Nasional XXI 8-14 Oktober

Dimas Novita Sari
Senin, 28 September 2015 - 14:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabupaten Ponorogo menggelar Grebek Suro Tahun 2015 dan Festival Reyog Nasional XXI di Panggung Utama Alun-alun Kabupaten Ponorogo pada 08-14 Oktober 2015.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Senin (28/9/2015), Grebeg Suro merupakan acara budaya tahunan untuk memeringati dan menyukuri kedatangan tahun baru Islam Hijriyah setiap 1 Muharram (1 Suro penanggalan Jawa).

Selain itu, acara itu juga ditujukan untuk mengenang Kerajaan Batarangin dan dikenalnya warok (kesatria pilihan yang sakti mandraguna).

Perayaan budaya itu dinilai sarat nilai kearifan lokal selain sekadar atraksi hiburan. Rangkaian perayaan Grebeg Suro terbagi menjadi beberapa bagian.

Acara akan dimulai dengan prosesi penyerahan pusaka ke makam bupati pertama Ponorogo. Berikutnya dilanjutkan dengan pawai ratusan orang menunggang bendi dan kuda menuju pusat kota. Setelah itu barulah Festival Reyog Nasional digelar.

Sementara itu, dalam kegiatan Grebeg Suro akan digelar Kirap Pusaka dari Makam Bathoro Kathong menuju Pendopo. Ada juga Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel.

Adapun acara pendukung lain yakni Pemilihan Kakang Senduk, Pameran Tanaman Bonsai, Palegaran Wayang Kulit, Pawai Kendaraan Antik, Tumpeng Purak, dan Grebeg Tutup Suran.

Grebeg Suro merupakan sebuah tradisi kultural masyarakat Ponorogo yang identik sebagai perpaduan antara seni dan budaya yang dituangkan dalam bentuk festival atau perayaan.

Budaya tersebut lahir dari kebiasaan masyarakat setiap malam 1 Suro dengan mengadakan tirakatan semalam suntuk mengelilingi kota dan berhenti di Alun Alun Ponorogo. Sejak 1987 kebiasaan tersebut rutin dilakukan untuk pelestarian budaya lokal.

Ponorogo merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki berbagai lokasi wisata menarik termasuk beragam wisata kuliner, agro, religi, dan budaya.

Selain dikenal sebagai Kota Reyog, Ponorogo juga juga dikenal sebagai Kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren, salah satu yang terkenal adalah Pondok Modern Darussalam Gontor yang terletak di Desa Gontor, Mlarak.

Ponorogo terletak di sebelah barat Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 200 km arah barat daya Kota Surabaya yang bisa ditempuh menggunakan bus selama 5 jam.

Sementara dari Selatan untuk mengunjungi Ponorogo bisa menggunakan bus dari Pacitan tujuan Trenggalek-Ponorogo. Ada berbagai macam moda transportasi pedesaan (angdes) dan transportasi perkotaan (angkot) di Kota Ponorogo.

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro