Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Acara Besar Bikin Bandung Macet Parah Hari Minggu

Kota Bandung akan menggelar dua acara besar pada akhir pekan ini.
Alun-alun Kota Bandung/pkskotabandung.com
Alun-alun Kota Bandung/pkskotabandung.com

Bisnis.com, BANDUNG-- Kota Bandung akan menggelar dua acara besar pada akhir pekan ini.

Pemerintah Kota Bandung akan menggelar arak-arakan pemain Persib keliling kota setelah merebut Piala Presiden 2015. Agenda lainnya adalah perayaan ulang tahun Jawa Barat yang akan diisi dengan berbagai acara.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung Komisaris Polisi Santiadjie Kartasasmita mengatakan, selama pawai Persib, Bobotoh diimbau untuk tidak mengikuti rombongan pawai. Bila masyarakat mengikuti rombongan pawai akan terjadi kemacetan yang parah.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, karena nanti tanggal 25 Oktober merupakan acara yang melibatkan banyak orang, apabila tidak memilki kegiatan sangat penting dihimbau untuk tidak keluar rumah," ujar dia, Kamis (22/10/2015).

Menurutnya, pada Minggu (25/10/2015), Kota Bandung dan sekitarnya akan mengalami kemacetan yang cukup parah. Karena, pada hari tersebut, selain pawai Persib, di Kota Bandung pun tengah menggelar acara Kemilau Nusantara yang digelar pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Diprediksi akan terjadi kemacetan. Pasalnya, animo masyarakat terhadap Persib tidak hanya dari Kota Bandung saja. Diprediksi, bakal ada warga luar Bandung yang ikut arak-arakan," kata dia.

Berikut rute yang akan dilalui rombongan pawai Persib pada Ahad nanti: Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Cimareme, Gadobangking, Permata Cimahi, Padasuka, Alun-alun Kota Cimahi, Cihanjuang, Flyover Cimindi, Batas Kota Cibeureum, Pasar Ciroyom, Suniaraja, Pasar Baru, Viaduct, Braga, Tamblong, Asia Afrika, Alun-alun Bamdung, Otista, Lapangan Bandung Lautan Api Tegalega.

Adapun, rombongan Persib akan menggunakan 6 mobil Bandros dan dikawal oleh mobil patwal 4 kendaraan.

Meski bentrok dengan kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan arak-arakan tetap berlangsung pada Minggu (25/10/2015).

"Dari saya tetap segitu (tanggal 25 Oktober). Tapi nanti mau dirapatin lagi," ucapnya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Kota Bandung.

Dia menyatakan, arak-arakan Persib tak menggunakan jalur yang sama dengan acara pemerintah Jawa Barat. Namun, jarak dari Kota Baru Parahyangan di Kabupaten Bandung Barat melewati Kota Cimahi hingga masuk ke Lapangan Tegalega Kota Bandung juga dinilai terlalu jauh.

Kepala Bagian Operasi Polres Cimahi, Kompol Lukman Hakim Syarif mengatakan, pihaknya juga ikut menerjunkan personel untuk mengamankan jalannya arak-arakan di wilayah Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

"Total 500 personel. Ada pengawalan depan dan belakang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler