Ilustrasi/io9.com
Fashion

Pakai Handsfree Saat Menyetir Tetap Mengganggu Fokus Pengemudi

Surya Rianto
Sabtu, 24 Oktober 2015 - 18:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengunaan handsfree untuk berkomunikasi saat sedang mengendara ternyata tidak sepenuhnya aman. The AAA Foundation merilis riset bahwa penggunaan handsfree saat berkendara masih berpotensi menimbulkan risiko kecelakaan.

Saat ini, mobil modern telah dilengkapi dengan sistem infotainment yang cangggihh. Bisa mengontrol navigasi,audio, dan sebagainya. Termasuk juga sistem handsfree.

Berbicara sistem handsfree yang dianggap aman untuk komunikasi ketika berkendara disebutkan masih bisa membuat pengendara berisiko. Pasalnya, pengendara bisa teralihkan fokusnya selama beberapa detik ketika berkomunikasi dengan handsfree, meskipun tangannya masih tetap memegang kendali.

Dalam laporan riset AAA mencatatkan bahwa pengendara bisa terganggu selama 27 detik saat melakukan komunikasi dengan handsfree. Bahkan, sistem handsfree terbaik pun bisa menganggu pengendaranya sejenak selama 15 detik.

AAA pun membuat kategori gangguan terhadap pengemuda yang disebabkan sistem infotainment dan komunikasi di dalam kendaraan. Untuk kategori 1, gangguan ringan terjadi karena mendengar radio atau mendengarkan audio buku, kategori 2 gangguan sedang karena berkomunikasi di telepon, kateggori 3 gangguan tinggi biasanya mengirimkan pesan singkat dengan teks suara, dan kategori 4 gangguan sangat tinggi biasanya karena mengupdate media sosial saat sedang mengemudi.

Untuk risetnya, AAA pun melakukan uji coba terhadap  beberapa mobil untuk menilai risiko dari penggunaan sistem infotainment dan handsfree untuk berkomunikasi. Uji coba dilakukan dengan menguji 257 pengendara berusia 21-70 tahun. Kemudian kategori khusus untuk 65 pengendara dengan umur dari 21-68 diuji untuk menggunakan aplikasi Google  Now, Apple Siri, dan Microsoft Cortana.

Hasilnya, untuk mobil modern  yang mempunyai risiko terendah dalam mengganggu penggemudinya lewat sistem infotaiment dan komunikasi adalah Chevy Equinox dan Buick Lacrosse dengan skor gangguan 2,4 atau emncapai kategori dua. Adapun Mazda 6 yang disebutkan memiliki sistem yang menganggu pengemudinya paling tinggi dengan nilai 4,6 atau gangguan kategori 4.

Adapun, untuk aplikasi sistem komunikasi yang menganggu pengemudi semuanya berada di kategori 3. Google Now yang paling rendah nilai gangguannya sebesar 3,0, sedangkan untuk yang paling tinggi dipegang oleh Microsoft Contana dengan nilai 3,8.

Jadi, ketika mengendara sebaiknya memang tidak terlalu sering melakukan komunikasi walaupun menggunakan handsfree atau teks suara. Infotainment seperti mendengarkan musik keras-keras saat mengemudi pun juga berisiko menganggu fokus. Lalu, terakhir aktivitas media sosial pun sebaiknya tidak dilakukan saat mengemudi. Demi keselamatan bersama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Sumber : mashable
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro