Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Saran Arsitek untuk Bangunan Hook

Bangunan Apotheek Chung Hwa berada di lokasi strategis, karena merupakan bangunan hook. Pada zaman kolonial, bangunan hook selalu memanfaatkan posisi dua wajah karena sangat berpotensi menjadi wilayah komersil.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 05 Januari 2016  |  08:36 WIB
Ini Saran Arsitek untuk Bangunan Hook
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Bangunan Apotheek Chung Hwa berada di lokasi strategis, karena merupakan bangunan hook. Pada zaman kolonial, bangunan hook selalu memanfaatkan posisi dua wajah karena sangat berpotensi menjadi wilayah komersil.
 
Arsitek sekaligus Project Manager PT Pembangunan Kota Tua Jakarta Anneke Prasyanti menuturkan dengan bangunan dua wajah, maka pengunjung dapat mengakses dari berbagai sudut.
 
Anneke menampilkan bangunan dua wajah pada Apotek Chung Hwa. Dia menciptakan wajah bangunan dengan meletakkan deretan jendela dan pintu lattice yang mengelilingi bangunan sebagai mata. Lattice merupakan ukiran kayu dengan ornamen China, sebagai pengganti dinding. Jendela juga berfungsi sebagai ventilasi.
 
Bagi Anneke, wajah suatu bangunan sama pentingnya dengan branding yang ingin diciptakan. Sayangnya, ilmu ini belum banyak dimanfaatkan pada bangunan setelah era kemerdekaan.
 
Dia mengatakan biasanya bangunan hook masa kini hanya tampil satu wajah, sementara sisi lainnya ditutup. Yang sering terjadi karena pada satu dinding dimanfaatkan untuk tempat AC dan sebagainya. "Padahal ini bisa disiasati dengan tidak menutup dinding, katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arsitektur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top