Ilustrasi/Accessjoyofbusiness
Relationship

3 Kesalahan Finansial Sering Dilakukan Wanita

Andhina Wulandari
Kamis, 21 Januari 2016 - 11:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wanita sering dianggap pintar mengatur keuangan keluarga, tapi tidak jarang juga wanita melakukan kesalahan finansial tanpa disadari.

Coba cek apakah Anda juga pernah melakukan kesalahan finansial berikut ini.

1. Perasaan bersalah

Sebuah survei yang dilakukan Eversave menemukan bahwa sebanyak 67% merasa bersalah setiap kali habis berbelanja. Namun, ternyata efek perasaan bersalah tidak hanya berkaitan dengan belanja, karena perempuan sering merasakan hal itu.

Ada kalanya wanita merasa bersalah meninggalkan pekerjaan yang tidak disukainya atau memberi uang kepada seseorang karena perasaan bersalah. Efek perasaan bersalah yang biasa dimiliki wanita inilah yang kerap menjadi alasan untuk mengeluarkan atau menghabiskan uang tanpa dipikirkan lebih dulu.

2. Tidak bisa bilang “tidak”

Kecenderungan wanita lainnya adalah merasa tidak enak menolak atau mengatakan “tidak” saat diminta bantuan. Berdasarkan studi yang ditampilkan di Forbes, wanita yang bersedia membantu rekan kerja secara finansial lebih banyak disukai dan memiliki kemungkinan mendapatkan promosi. Sayangnya, perilaku baik ini jika tidak dikontrol bisa membuat kantong Anda bolong.

3. Retail therapy

Istilah retail therapy berarti kegiatan berbelanja untuk mengatasi kesedihan. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Hertfordshire menunjukkan bahwa 79% responden termotivasi untuk berbelanja sekadar untuk “menyenangkan diri sendiri”. Namun dengan alasan seperti ini, wanita akhirnya cenderung belanja impulsif dan tak mampu mengontrol keuangannya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Forbes
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro