Kendall Jenner/Estee Lauder Indonesia
Fashion

Tips Riasan Modern untuk Tampil Cantik Saat Imlek

Wike Dita Herlinda
Minggu, 31 Januari 2016 - 08:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun baru Imlek sudah di depan mata. Dekorasi bernuansaChinese New Year pun sudah banyak menghiasi ruang-ruang publik dan membawa keceriaan tersendiri bagi masyarakat di Tanah Air.

Ornamen-ornamen bertuliskan Gong Xi Fa Chaidan aura kultur Tiongkok mulai bertebaran di sudut-sudut pusat perbelanjaan. Semarak merah Mandarin pun turut mewarnai semangat warga yang merayakan hari raya tersebut.

Berbagai persiapan menyambut Imlek sudah dilakukan oleh mereka yang merayakan. Tidak terkecuali membeli pakaian dan aksesori khas, seperti busana cheongsam. Namun, sudahkah Anda merencanakan riasan yang pas untuk merayakan tahun baru China?

Para tim kreatif dari Estee Lauder memberikan beberapa tips untuk tampil segar dan cantik pada perayaan Imlek. Karakter oriental masih menjadi nuansa dominan dalam tren tata rias Imlek pada tahun monyet api ini. Namun, pulasannya cenderung lebih modern dan minimalis.

Regional Makeup Artist Estee Lauder Frida Adiasty menjelaskan tren riasan untuk tahun baru Imlek kali ini lebih difokuskan pada permainan tata rias mata, khususnya dari segi pengaplikasian eyeliner.

"Warna dominan untuk Imlek itu lebih condong ke merah ngejrengtapi untuk [riasan] areal mata, kami menyarankan warna yang tidak terlalu mencolok. Untuk eye shadow, banyak bermain di palet nude dengan sentuhan pearl dan aplikasi winged-eyeliner," ujar Frida.

Penggunaan eyeliner dengan warna selain hitam akan membawa kesan modern sekaligus chic. Pilihan warna eyeliner baik pensil, cair, maupun gel yang sedang populer a.l. hijau zaitun (olive), biru tua (navy), maupun ungu tua. 

Pengaplikasian eyeliner bersayap dikenal juga dengan nama cat eyes atau winged-liner. Garis eyeliner yang ditarik melewati batas luar garis mata dengan ujung sedikit naik membuat bentuk masa terkesan lebih sipit.

Hal tersebut akan mengesankan nuansa oriental. Pengaplikasian teknik cat eyes tersebut, kata Frida, bisa dilakukan untuk berbagai ukuran dan bentuk mata, bahkan oleh pemilik mata tanpa lipatan (hooded eye).

Selain permainan eyeliner, riasan untuk Imlek tahun ini menonjolkan kulit yang flawlessdan sehat. Pemilihan foundation berbahan ringan dan tahan lama dantonecerah sangat sesuai untuk riasan Imlek.

Untuk mengimbangi kulit yang bercahaya dan mata yang terkesan tegas, pemilihan warna pemulas pipi difokuskan pada semu merah jambon yang tidak terlalu mencolok. Gunakan perona pipi danhighlightuntuk membuat tulang pipi terkesan lebih naik.

Riasan areal bibir didominasi oleh warna-warna khas Mandarin, seperti merah menyala, merah keoranyean, merah tua, maupun oranye. Pastikan menggunakan lipstik dengan tekstur matte atau creamy.

"Tekstur mattelebih disukai karena selain tahan lama di bibir, tekstur matte akan meredam warna-warna terang seperti merah dan oranye. Kalau menggunakan tekstur glossy, warna-warna tersebut akan lebih mencolok," kata Frida.

Selain seleksi warna bibir bernuansa Mandarin, pemulas bibir yang juga akan menjadi tren adalah warna-warna hangat seperti cokelat, plumwine, dan merah tua. Adapun, lipstik bernuansa nude akan sedikit ditinggalkan.

Untuk mengimbangi kesan kering yang ditinggalkan oleh lipstik matte, peggunaan highlighter di bawah mata, tulang hidung, dan atas bibir sangatlah disarankan. Highlighter akan membuat wajah tampak segar dan tidak terlalu pucat.

Poin lain yang perlu ditekankan pada riasan Imlek adalah alis. Menurut Frida, riasan alis tidak perlu terlalu menukik (arched), sebagaimana tren tahun lalu. Namun, dia menyarankan untuk mencontoh alis Korea, yang diprediksi akan banyak digandrungi tahun ini.

"Riasan alis memang agak susah. Namun, sekarang trennya lebih ke arah alis Korea atau alis Oriental, yang bentuknya agak lurus dan arsirannya padat. Alis yang terlalu naik seperti alis Instagram akan ditinggalkan," katanya.

Sementara itu, Special Event & Promotion Executive Estee Lauder Indonesia Alamanda Wulandari menambahkan selain tren warna tahun baru Imlek, tahun ini tata rias akan didominasi oleh warna-warna cerah.

"Orang-orang akan lebih suka bereksperimen dengan warna-warna seperti ungu, biru, atau hijau untuk eyeshadow dan eyeliner. Tren lipstik mattejuga masih akan berlanjut, tapi kebangkitan glossjuga akan terjadi pada tahun ini," katanya.

"Sementara itu, alis akan menjadi fitur wajah yang banyak difokuskan. Tren alis yang lebih ringan akan berjaya. Seperti alis milik Kendall Jenner, yang menjadi brand ambassador Estee Lauder," jelasnya lagi.

 

 

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro