Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Film Animasi Berpenghasilan Terbesar Sepanjang Masa

Film animasi berisi karakter-karakter unik 3 dimensi yang diciptakan melalui kecanggihan teknologi masa kini tak hanya dapat dinikmati oleh anak-anak saja.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 26 Maret 2016  |  19:57 WIB
Minions - Universalpictures
Minions - Universalpictures

Bisnis.com, JAKARTA - Film animasi berisi karakter-karakter unik 3 dimensi yang diciptakan melalui kecanggihan teknologi masa kini tak hanya dapat dinikmati oleh anak-anak saja.

Film yang dibintangi oleh karakter fiksi ini dapat dinikmati oleh semua kalangan usia, termasuk orang dewasa. Anak-anak dapat menikmati gambar bergerak dalam film, sementara orang dewasa dapat menikmati hal tersebut sekaligus mengambil pesan moral yang terselip di dalam filmnya.

Film-film animasi telah menjadi mesin uang yang sangat besar. Yang paling kentara adalah keberadaan Frozen dan Minions yang sukses di box office. Ini menunjukkan bahwa animasi tidak hanya untuk anak-anak, melainkan juga untuk orang dewasa, ungkap Sudhir Syal, Co-founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia, Sabtu (26/3/2016).

Sifatnya yang cocok dinikmati oleh semua kalangan usia inilah yang menjadikan film animasi laris di pasaran dan mampu mencatat pendapatan yang fantastis di seluruh dunia.

Berikut 10 film animasi dengan pendapatan terbesar sepanjang masa yang didapatkan dari Box Office Mojo:

Frozen

Pendapatan: Rp 16,8 triliun

Film animasi komedi fantasi musikal yang terkenal dengan lagu Let It Go ini duduk di posisi pertama dengan pendapatan sebanyak Rp 16,8 triliun. Film yang dirilis Walt Disney Pictures pada tahun 2013 ini tak hanya mendapatkan pendapatan terbesar sepanjang masa, film ini juga memenangkan dua penghargaan di ajang penghargaan bergengsi Oscars 2014 untuk kategori Best Animated Feature dan Best Original Song. Kabarnya, film dengan pendapatan fantastis ini akan dibuat sekuelnya dan menurut pengisi suara Anna dalam film, Kristen Bell, sekuel Frozen akan mulai diproduksi April 2016.

Minions

Pendapatan: Rp 15,2 Triliun

Kevin, Stuart, dan Bob menduduki peringkat kedua dalam film animasi dengan pendapatan terbesar sepanjang masa dengan angka Rp 15,2 triliun. Makhluk kuning berukuran kecil yang disebut minion ini merupakan sebuah spinoff atau prekuel dari film franchise Despicable Me. Pendapatan besar film yang dinarasikan oleh aktor Australia Geoffrey Rush ini menjadikan Minions sebagai film non-Disney terlaris.

Toy Story 3

Pendapatan: Rp 14 triliun

Film produksi Pixar Animation Studios yang dirilis oleh Walt Disney Pictures ini menempati posisi ketiga dengan pendapatan sebesar Rp 14 triliun. Toy Story 3 merupakan film animasi Pixar ketiga setelah Up (2009) dan Beauty and the Beast (1991) yang mendapat nominasi Best Picture di Oscars 2011. Meski tak menyabet Best Picture di Oscars 2011, film Sheriff Woody dan Buzz Lightyear ini membawa pulang gelar Best Animated Feature dan Best Original Song di ajang penghargaan tersebut. Sekuel film Toy Story 3 ini dijadwalkan untuk rilis di bulan Juni 2018.

The Lion King

Pendapatan: Rp 13 triliun

Film feature animasi ke-32 dalam seri Walt Disney Animated Classics ini duduk di peringkat 4 dengan pendapatan sebesar Rp 13 triliun. The Lion King ini mengambil set di kerajaan singa di Afrika dan ceritanya dipengaruhi oleh tulisan William Shakespeare yang berjudul Hamlet. Lagu-lagu dalam film dengan pendapatan terbesar ke-4 ini ditulis oleh penyanyi, penulis dan penyusun lagu berkebangsaan Inggris, Elton John, bersama Tim Rice.

Despicable Me 2

Pendapatan: Rp 12,7 triliun

Sekuel film franchise Despicable Me yang disutradarai oleh Pierre Coffin dan Chris Renaud di tahun 2013 ini menempati posisi ke-5 dengan jumlah pendapatan sebesar Rp 12,7 triliun. Film berdurasi 98 menit ini merupakan film paling menguntungkan dalam sejarah 101 tahun dari Universal Studios. Film ini juga mendapatkan nominasi Oscars 2014 untuk kategori Best Animated Feature dan Best Original Song untuk lagu Happy yang dibawakan Pharrel Williams. Namun, Despicable Me 2 tidak memenangkan kedua kategori itu karena keduanya dimenangkan oleh Frozen (2013). Film franchise ini masih akan tetap berlanjut karena film selanjutnya Despicable Me 3 dijadwalkan untuk rilis pada Juni 2017 mendatang.

Finding Nemo

Pendapatan: Rp 12,3 triliun

Film animasi bergenre drama komedi petualangan yang diproduksi Pixar di tahun 2003 ini menduduki peringkat ke-6 dengan pendapatan sebesar Rp 12,3 triliun. Film yang bercerita tentang seekor ikan badut bernama Marlin yang ditemani seekor ikan biru bernama Dory untuk melakukan pencarian anaknya yang hilang Nemo. Finding Nemo membawa pulang gelar Best Animated Feature di ajang penghargaan Oscars 2004. Film yang melibatkan pembawa acara terkenal Ellen DeGeneres sebagai pengisi suara Dory si ikan biru ini akan meluncurkan sekuelnya Finding Dory Juni 2016.

Shrek 2

Pendapatan: Rp 12,1 triliun

Film produksi DreamWorks tahun 2004 Shrek 2 mengambil posisi ke-7 di daftar 10 film animasi dengan pendapatan terbesar sepanjang masa. Film animasi komedi fantasi ini berpendapatan sebesar Rp 12,1 triliun. Seperti film terdahulunya Shrek (2001), Shrek 2 ini banyak mendapat review positif dan mencetak tiga hari pembukaan akhir pekan kedua terbesar dalam sejarah Amerika saat filmnya dirilis. Film yang disuarai oleh Mike Myers, Eddie Murphy, Cameron Diaz ini juga menjadi film animasi dengan penjualan tiket tertinggi ke-7 sepanjang masa.

Ice Age: Dawn of the Dinosaurs

Pendapatan: Rp 11,6 triliun

Film animasi 3D produksi Blue Sky Studios yang didistribusikan oleh 20th Century Fox menempati posisi ke-8 dengan pendapatan sebanyak Rp 11,6 triliun. Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (2009) ini merupakan film ketiga dari film seri Ice Age dan merupakan lanjutan dari Ice Age: The Meltdown (2006). Film animasi bergenre komedi petualangan ini juga akan dirilis film kelimanya Juli 2016 mendatang dengan judul Ice Age: Collision Course.

Ice Age: Continental Drift

Pendapatan: RP 11,5 triliun

Hanya berselisih sedikit dengan film terdahulunya, film ke-4 dalam seri Ice Age ini duduk di peringkat sembilan dengan pendapatan sebesar Rp 11,5 triliun. Ice Age: Continental Drift ini adalah film sekuel pertama dari serinya yang tidak disutradarai oleh sutradara film animasi asal Brazil Carlos Saldanha yang tak pernah absen menyutradari film seri Ice Age. Ice Age: Continental Drift ini banyak diisi suaranya oleh para penyanyi terkenal seperti Jennifer Lopez, Drake, Nicki Minaj, dan Queen Latifah.

Inside Out

Pendapatan: Rp 11,2 triliun

Film animasi terakhir dengan pendapatan terbesar sepanjang masa jatuh kepada film animasi baru 2015 Inside Out dengan jumlah pendapatan sebesar Rp 11,2 triliun. Film animasi bergenre drama komedi petualangan milik Disney Pixar ini pertama kali tayang pada Mei 2015 di Festival Film Cannes sebelum akhirnya rilis di Amerika di bulan berikutnya, Juni 2015. Inside Out memenangkan 57 kategori penghargaan dari 114 nominasi yang diraihnya termasuk Best Animated Feature di Oscars 2016, Best Animated Film di British Academy Film Awards ke-69 dan Best Animated Feature Film di Golden Globe Awards 2016.

Itu dia daftar 10 film animasi dengan pendapatan terbesar sepanjang masa. Adakah film favorit kamu di sana?

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

film
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top