Ilustrasi/Tamilgoose
Relationship

Lima Tipe Karyawan yang Tak Disukai Bos

JIBI
Rabu, 30 Maret 2016 - 14:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi karyawan teladan adalah impian semua karyawan.

Selain akan mudah mendapat promosi untuk posisi yang lebih tinggi, karyawan teladan akan disayangi bos.

Pandai menempatkan diri adalah modal utama bagi Anda untuk menjadi karyawan teladan. Tapi, tetap saja caranya tidak mudah, karena persaingan di dunia kerja cukup ketat, dan kadang menghalalkan segala cara, termasuk memanfaatkan rekan kerja.

Biasanya, atasan akan menaruh perhatian bila karyawannya rajin dan banyak memberi kontribusi pada perusahaan. Tentu saja karyawan cerdas bukan segalanya, karena perusahaan juga suka karyawan yang loyal dan patuh pada peraturan.

Berikut ini lima tipe karyawan yang tidak disukai bos:

Karyawan tipe nine to five

Istilah ini mengacu pada karyawan yang selalu tepat waktu alias datang ke kantor tepat pukul 9 pagi dan pulang tepat pukul 5 sore. Karyawan jenis ini biasanya akan menolak lembur, bila tiba-tiba ada kerjaan mendadak saat jam pulang tiba.

Kalau Anda tipe seperti ini, bersiaplah masuk daftar karyawan yang tidak disukai bos. Meskipun saat waktu pulang Anda sudah mengerjakan semua pekerjaan dengan baik.

Tidak ada salahnya sesekali Anda datang lebih awal dan pulang tidak harus tepat waktu. Sebab, dari situlah bos melihat kerajinan Anda yang mau meluangkan waktu untuk pekerjaan.

Karyawan tidak gaul

Ibaratnya, karyawan di sebuah perusahaan adalah keluarga, jadi bergaul merupakan suatu keharusan. Apalagi bila jenis pekerjaan Anda selalu bertemu dengan orang banyak. Bagaimana Anda dapat meyakinkan orang apabila sulit membaur alias bergaul?

Kalau Anda tipe yang enggan berbaur dan terkesan cuek dengan lingkungan, ini akan berpengaruh pada kinerja Anda dan perusahaan. Tipe seperti ini membuat atasan tidak menyukai Anda.

Karyawan pemalas

Tak hanya di rumah, di perusahaan pun malas. Tipe karyawan ini akan merepotkan karyawan lain, karena semua tugas-tugasnya tidak pernah selesai tepat waktu. Tak jarang tipe seperti ini akan melimpahkan pekerjaannya kepada karyawan lain dengan berbagai alasan.

Karyawan tipe ini bukan hanya menyebalkan bos, tapi juga rekan kerja lain.

Gemar mengadukan rekan kerja

Di kantor, Anda bukan saja bekerja kepada bos, tapi juga harus bisa bekerja sama dengan rekan sekantor. Jadi, kalau Anda terbiasa mengadukan rekan sekerja kepada bos, siap-siap saja Anda akan dibenci semua rekan kerja Anda karena dianggap penjilat.

Jangan Anda pikir si bos akan menyukai sikap Anda ini, karena mendapat info tentang karyawan lain dari Anda. Dia justru akan curiga pada Anda dan menganggap Anda tidak bisa dipercaya.

Karyawan yang manja

Karyawan yang bertipe manja dan tidak tahan banting jelas tidak disukai si bos. Karyawan jenis ini bila diberi tugas selalu mengeluh dan menganggap tugasnya terlalu berat. Belum lagi kegemarannya membanding-bandingkan pekerjaannya dengan karyawan lain.

Padahal bekerja dengan segala risiko sudah dia setujui saat diterima kerja.

Kalau Anda termasuk salah satu dalam lima tipe karyawan di atas, sebaiknya Anda mulai introspeksi diri dan mengubah gaya Anda sebelum terlambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro