Ilustrari pernikahan/Istimewa
Health

5 Tes Kesehatan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 11 April 2016 - 14:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menjelang pernikahan, bukan hanya persiapan materi yang harus dihadapi pasangan calon pengantin.

Mereka juga harus mempersiapkan mental dan kesehatan yang baik jika ingin pernikahannya berjalan lancar dan bahagia.

Bagi Anda yang ingin menikah, medical check-up adalah suatu keharusan, karena mereka membantu menentukan apakah Anda benar-benar sehat dan siap untuk mengambil langkah besar ini dalam hidup Anda.

Menurut para ahli medis, perlu bagi pasangan untuk mengambil 5 tes ini setidaknya sekali dalam satu tahun atau 6 bulan sekali sebelum mereka menikah.

Penyakit atau masalah medis yang disebutkan dalam daftar yang dapat disembuhkan dan pengobatan tersedia dalam segala bentuk, sehingga ada sekitar 80 sampai 90 persen dari peluang menyingkirkan masalah kesehatan tersebut sebelum Anda menikah.

Para ahli menyatakan bahwa satu-satunya alasan di balik sebagian besar masalah kesehatan ini dihadapi oleh pasangan adalah karena stres. Perubahan gaya hidup juga memainkan malapetaka dalam kehidupan kita dan stres yang menyertai itu, masalah kesehatan ganda. Dalam beberapa kasus, perempuan dan laki-laki bahkan tidak akan menyadari apa yang terjadi pada tubuh mereka.

Oleh karena itu, dengan bantuan sederhana 5 tes kesehatan ini, itu akan membantu menentukan apakah Anda benar-benar sehat atau tidak. Berikut 5 tes yang harus dilakukan sebelum menikah seperti dilansir boldsky.com:

Tes umur :
Menikah terlalu dini dan menikah terlambat, keduanya dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan di kemudian hari. Ketika Anda menikah terlalu dini, ada kemungkinan wanita menderita kanker ovarium jika dia memiliki bayi terlalu cepat. Namun, di sisi lain, menikah terlambat dan hamil setelah 35 tahun dapat menimbulkan banyak komplikasi kesehatan dan cacat pada janin. Perbedaan usia antara pasangan harus kurang dari 5 tahun.

Tes Infertilitas
Ini adalah salah satu perhatian utama pasangan baru-baru ini. Banyak pssangan yang tidak mampu memiliki anak setelah 2-3 pernikahan. Sebelum menikah, pria dan wanita harus mengambil tes untuk memeriksa tingkat sperma dan kesehatan ovarium.

Tes STD
Penyakit seperti Sifilis, Gonore, Herpes, Chancroid, yang disebut penyakit menular seksual, dan mereka menyebar melalui kontak seksual dengan dua atau lebih mitra. Jadi, jika pasangan Anda telah memiliki banyak hubungan di masa lalu atau jika Anda memiliki banyak hubungan fisik masa lalu, lakukanlah STD medical check-up.


Tes gangguan darah
Gangguan darah atau penyakit dapat menyebabkan kematian anak dalam beberapa jam. Darah penyakit ditanggung meliputi Hemofilia dan Thalasemia. Di sisi lain, menurut ahli, jika Rh-negatif [seperti A (ve)] wanita menikah dengan seorang pria Rh-positif [seperti A (ve) atau B (ve)], akan ada menjadi Rh Ketidaksesuaian dalam anak kedua yang bisa berakibat fatal. Jadi, tes darah perlu diperiksa sebelum menikah.

Tes genetik:
penyakit genetik dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya. Jika Anda atau pasangan Anda menderita Cystic Fibrosis, Kanker Payudara, Kanker Paru, Kanker Colon, ada kemungkinan besar bahwa anak Anda bisa mendapatkannya juga. Jadi, sebelum menikah, maka perlu untuk mendapatkan tes medis dilakukan dan mengetahui latar belakang medis keluarga juga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro