Olahraga lari/nytimes.com
Health

Olahraga Ekstrim Bisa Membuat Perempuan Kurang Subur. Ini Alasannya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 April 2016 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Berolahraga dianggap sebagai obat ajaib oleh banyak orang, tetapi terlalu banyak olahraga bisa membuat Anda kurang subur. Benarkah?

Pernyataan ini masih terjadi kontroversi dan belum dapat membuktikan bahwa olahraga berat menyebabkan infertilitas.

Beberapa ahli percaya bahwa olahraga  yang intens meningkatkan kemungkinan infertilitas. Jika Anda menyukai berkeringat di gym, maka berhati-hati mulai dari sekarang.

Untuk dapat hamil, Anda perlu berhati-hati dalam menjalankan waktu olahraga. Siapa pun yang mencoba untuk hamil harus olahraga teratur karena dapat meningkatkan metabolisme dan sirkulasi untuk produksi telur.

Namun, terlalu banyak olahraga juga bisa buruk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan berat dapat mempengaruhi peluang Anda untuk hamil. ahli kesuburan juga percaya bahwa olahraga ekstrim dapat membuat Anda kurang subur.

Olahraga ekstrim menyebabkan Gangguan Hormonal:
Para peneliti menemukan bahwa wanita yang berolahraga keras setiap hari memiliki tingkat kortisol tinggi dan rendahnya tingkat hormon tiroid. Kedua faktor itu memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk mengatasi stres dalam jangka panjang. Hal ini pada gilirannya dapat mempengaruhi keseimbangan hormon secara keseluruhan dan kesuburan. Juga, latihan intens dapat menyebabkan siklus dan jadwal menstruasi terganggu.

Lemak tubuh rendah bisa menyebabkan ketidaksuburan
Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang melakukan olahraga ekstrim memiliki tingkat lemak tubuh. Hal ini, pada gilirannya, langsung dapat menurunkan kesuburan.

Olahraga berat membuat energi terkuras
Perempuan harus tetap melakukan olahraga yang moderat untuk membangun stamina, memperkuat otot, meningkatkan sirkulasi, dll Hal ini penting untuk menjaga seseorang fit tubuh. sesi per jam dari yoga, jalan cepat, aerobik, berenang, dll, dianggap latihan yang ideal untuk wanita berusaha untuk hamil. latihan kekuatan inti dan bekerja ke titik kelelahan harus dihindari.

Kurang berat badan membuat tidak subur
Berolahraga memainkan peran besar dalam mengatur berat badan Anda. Tapi, penting untuk menjaga berat badan yang ideal untuk hamil. Ini akan tergantung pada BMI Anda saat ini. Hal ini penting untuk melakukan olahraga secara moderar dan tidak terlalu memaksakan diri. Juga, perhatikan faktor-faktor lain yang menyebabkan kemandulan. Dalam kasus apapun, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan spesialis kesuburan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang keadaan Anda saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro