5 Jenis Pembersih Alami untuk Keperluan Rumah Tangga

Ingin berhemat? Coba saja gunakan saja pembersih alami untuk beragam keperluan rumah tangga Anda.
Andhina Wulandari | 02 Mei 2016 10:24 WIB
Ilustrasi - Servingjoy

Bisnis.com, JAKARTA - Ingin berhemat? Coba saja gunakan saja pembersih alami untuk beragam keperluan rumah tangga Anda.

1. Teh

Bisa menghilangkan bau tak sedap yang menempel di kulit. Jika Anda baru saja memotong bawang atau memegang ikan mentah, coba cuci tangan dengan menggunakan teh yang diseduh untuk menghilangkan bau tersebut.

Selain itu, teh hitam juga bisa digunakan untuk membersihkan furnitur yang terbuat dari kayu sekaligus membuatnya tampak mengilap.

2. Lemon

Buah kuning ini dapat membuat baju putih tampak lebih bersih. Caranya cukup dengan mencampurkan seperempat cangkir perasan lemon ke dalam mesin cuci Anda. Selain itu, lemon juga dapat membersihkan talenan kayu yang biasa digunakan untuk memotong bawang, cabai, dan bumbu dapur lainnya.

3. Cola

Jenis minuman ringan ini bisa digunakan untuk membersihkan toilet Anda dan menghilangkan noda-noda yang menempel. Tuangkan saja dan diamkan selama kira-kira satu jam, baru kemudian siram toilet Anda.

4. Soda kue

Gunakan soda kue untuk membersihkan karpet Anda sekaligus menghilangkan bau tak sedap. Caranya cukup taburkan soda kue di atas karpet, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

5. Cuka

Pernah mendapatkan bekas kunyahan permen karet yang menempel? Anda bisa membersihkannya dengan cuka. Panaskan cuka dalam microwave, lalu rendam atau basahi area yang ditempeli permen karet. Setelah beberapa menit, bekas permen karet dapat terangkat dengan mudah.

Selain itu, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan microwave. Caranya masukkan cuka ke dalam mangkuk, lalu panaskan microvae beberapa menit, dan biarkan cuka menguap. Setelahnya lap bagian dalam microwave dengan kain bersih.

Sumber : Wikihow

Tag : tips gaya hidup
Editor : Andhina Wulandari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top