Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara/Indonesia Travel
Travel

Bandara Matahora Wakatobi Dukung Pertumbuhan Sektor Pariwisata

Mia Chitra Dinisari
Senin, 9 Mei 2016 - 12:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Pertumbuhan penumpang pesawat udara di Wakatobi semakin meningkat tiap tahunnya. Hal tersebut terlihat  pada awal dimulainya pengembangan terminal penumpang yaitu tahun 2013, tercatat sebanyak 11.150 penumpang tiba dan 11.867 penumpang berangkat pertahunnya.

Pada 2014, meningkat menjadi 17.015 penumpang tiba dan 13.786 penumpang berangkat per tahun. Kemudian di tahun 2015, kembali meningkat menjadi 19.100 penumpang tiba dan 20.081 penumpang berangkat per tahun.

Saat ini hanya ada satu maskapai yang melayani jasa transportasi udara dari dan ke Waktobi perharinya yaitu maskapai Wings Air (ATR 72-500). Maskapai tersebut melayani penerbangan dengan rute Makassar - Kendari - Wakatobi pergi pulang (PP) dengan frekuensi 1 kali dalam sehari (7x seminggu).

Dengan rencana dibukanya rute penerbangan tambahan ke Wakatobi, diharapkan dapat semakin meningkatkan demand wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau yang masuk dalam segitiga karang dunia. Demikian siaran resmi yang dikeluarkan Kemenub

Pulau Wakatobi dikenal dengan Keindahan lautnya menjadi tujuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Diharapkan dengan pengembangan bandara Matahora dapat mendukung sektor pariwisata di Wakatobi untuk terus tumbuh dan berkembang.

Pembangunan bandara-bandara khusunya di wilayah tengah dan timur Indonesia merupakan bentuk komitmen Kemenhub dalam menjalankan Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran yang berparadigma Indonesia Sentris, meningkatkan kualitas hidup manusia, serta meningkatkan produktivitas rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro