Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Platform Buku Digital Buka Peluang Penulis Indie

Perkembangan teknologi membawa segalanya serba digital. Di ranah industri penerbitan Indonesia, platform buku digital sedang menggeliat dan menjadi tren yang terus tumbuh. Kehadiran mereka menguntungkan bagi penulis indie.nn
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 13 Mei 2016  |  15:00 WIB
Platform Buku Digital Buka Peluang Penulis Indie
Wilson Cuaca. - @makecmac
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi membawa segalanya serba digital. Di ranah industri penerbitan Indonesia, platform buku digital sedang menggeliat dan menjadi tren yang terus tumbuh. Kehadiran mereka menguntungkan bagi penulis indie.

CEO Scoop, Wilson Cuaca menuturkan hal yang menarik dari buku digital yakni mempersingkat proses penerbitan yang bertele-tele. Sebab, tidak ada keharusan minimum pencetakan. Penulis indie juga dapat langsung mempublikasikan ke scoop.

"Tanpa ke penerbit yang maksain minimum printing dan proses seleksi," katanya.

Wison menilai potensi buku digital di Indonesia terhitung besar. Saat ini, pasar buku digital berada di segmen usia 18-35. Meski ada digital, tidak lantas mengurangi pembajakan. Sebab, pasar buku digital adalah mereka yang mencari kenyamanan, bukan harga murah.

Senada, Product Manager PT Wayang Force, Dimas Dasa Mitra Maulana, menuturkan pada 2016, rata-rata ada 5.000 unduhan setiap bulan, baik dari majalah, surat kabar, buku di Wayang Force. Tren penjualan rata-rata naik 10% - 15% per tahunnya.

"Jika dilihat tren pada 2014, segmen pembaca masih didominasi usia di atas 30 tahun. Namun, di 2016 mulai ada peningkatan pembaca buku digital di usia 20-an tahun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top