Ilustrasi/rifemagazone.co.uk
Relationship

5 Cara Mencari Pekerjaan yang Tepat Bagi Anda

Andhina Wulandari
Rabu, 18 Mei 2016 - 14:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mereka yang beruntung, mencari pekerjaan mungkin tidak sulit. Tapi bagi beberapa orang, mencari pekerjaan yang tepat memerlukan lebih dari sekadar keberuntungan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan Anda.

1. Situs pencari kerja

Di internet, Anda mungkin bisa menemukan ratusan situs yang menyediakan jasa pencarian kerja. Tapi jangan juga sembarangan memasukkan CV dan resume Anda ke sana. Anda harus bisa memastikan situs pencarian kerja yang terpercaya dan namanya sudah dikenal. Melalui situs ini, Anda bisa menemukan beragam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan bahkan bisa berlangganan newsletter setiap kali ada lowongan pekerjaan yang Anda inginkan.

2. Agensi rekrutmen

Untuk jenis pekerjaan tertentu, Anda bisa menghubungi agensi rekrutmen yang akan membantu Anda mencari pekerjaan. Keuntungan mencari pekerjaan melalui agensi ini adalah Anda bisa membangun hubungan dengan pihak agensi sehingga mereka bisa membantu Anda untuk memilih karir yang sesuai, sekaligus menawarkan beragam kesempatan yang ada.

3. Teman dan keluarga

Meminta bantuan teman dan keluarga adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencari pekerjaan. Namun bukan berarti Anda langsung mendapat pekerjaan tersebut, karena mungkin yang bisa mereka lakukan adalah membuka jalan untuk Anda. Dalam arti, mereka akan memberitahu apabila ada lowongan yang sedang dibuka dan menyampaikan CV Anda hingga ke bagian SDM. Selebihnya, tergantung pada kemampuan Anda dalam mengikuti proses rekrutmen.

4. Media sosial

Manfaatkan juga beragam media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Linkedin untuk mencari pekerjaan. Linkedin, misalnya, bisa menjadi sarana untuk mempromosikan diri Anda dengan meletakkan informasi seputar pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan.

5. Langsung datang saja

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencetak sejumlah CV dan surat lamaran, lalu datangi perusahaan yang Anda minati. Anda bisa menujukan surat lamaran itu kepada pihak SDM atau manajer bagian. Akan lebih baik lagi, jika Anda sudah mengetahui kontak di perusahaan tersebut, sehingga bisa langsung membuat janji dan menemuinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Workawesome
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro