TIPS CANTIK: Perawatan Kulit Wajah Supaya Awet Muda

JAKARTA -- Setiap orang menginginkan tampil dengan kulit wajah yang kencang, meski proses penuaan berjalan secara alami. Namun faktor lingkungan juga dapat mempercepat proses penuan itu.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 14 Juni 2016  |  15:02 WIB
TIPS CANTIK: Perawatan Kulit Wajah Supaya Awet Muda
Biasakan menggunakan tabir surya sebelum ke luar ruangan - Dailyworth

Bisnis.com, JAKARTA --  Setiap orang ingin tampil dengan kulit wajah yang kencang, meski proses penuaan berjalan secara alami. Namun faktor lingkungan juga dapat mempercepat proses penuan itu.

Proses penuaan kulit sudah mulai terjadi sejak usia 20 tahun, tapi tanda-tanda penuaannya belum terlihat. Tanda penuaan itu baru terlihat pada usia sudah berkepala tiga.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah, dr Susie Rendra, SpKK mengatakan penuaan itu terjadi karena faktor alami (intrinsic) dan faktor dari luar (extrinsic) yang juga disebut dengan penuaan dini.

Fakto alami tidak bisa dicegah, sedangkan faktor penuaan dini dapat dicegah. Faktor-faktor extrinsic yang berkontribusi terhadap penuaan dini antara lain sinar matahari, merokok, alkohol, kuarang tidur, stress, atau konsumsi tinggi gula.

Tanda-tanda penuaan dini meliputi kerutan, kulit kendur, pigmentasi, kulit kering dan kasar, kulit menipis, kehilangan volume, mudah memar, dan proses penyembuhan yang lebih lambat.

Pencegahan dan penanganan penuaan dini, katanya, dapat dilakukan dengan cara  perawatan, pengobatan, dan prosedur bedah.

Susie memberikan beberapa tips perawatan kulit wajah supaya awet muda, yaitu mengurangi paparan sinar matahari, menghindari stres, hindari rokok, berhenti facial wajah, konsumsi makanan antioksidan. Lalu lakukan setiap hari cleanser, memakai toner  (tapi untuk kulit kering hindari pakai toner), pelembab, memakai tabir surya kira-kira 30 menit sebelum ke luar ruangan.

Selain itu, ada pula yang menggunakan teknologi antara lain dengan pengelupasan, terapi jarum, serum, operasi plastik, laser, PRP treatment.   Seiring dengan kemajuan teknologi estetika, pencegahan dan penanganan penuaan dini dapat dilakukan dengan nonbedah.

P

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perawatan wajah

Editor : Linda Teti Silitonga
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top