Ilustrasi/Statecountrysecurity
Relationship

7 Cara Memimpin Karyawan yang Sulit Diatur

Andhina Wulandari
Selasa, 28 Juni 2016 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap karyawan di kantor memiliki karakter yang berbeda-beda. Anda sebagai seorang pemimpin, baik di level manajer, supervisor, atau CEO, kadang dihadapkan dengan tipe pekerja yang sulit diatur.

Berikut adalah beberapa tips dalam memimpin karyawan tersebut menurut Thomas J. Stevenin dalam buku Win/Win Solutions.

1. Bila mereka menyerang, jangan diikuti. Dalam arti, Anda harus menjadi pihak yang memiliki ‘kepala dingin’ dalam menyelesaikan konflik atau permasalahan di kantor.

2. Jangan terlalu larut bersama orang-orang yang sulit. Jika terus-menerus memendam kekesalan dengan bawahan yang sulit, Anda hanya akan menghabiskan energi dan waktu untuk itu, ketimbang bekerja maksimal untuk perusahaan.

3. Jangan berhenti menguatkan anggota yang produktif. Ingatlah, bahwa masih ada pekerja lainnya yang mau bekerja dengan baik dan lebih produktif dibandingkan orang-orang yang sulit diatur.

4. Belajarlah dari mereka. Petik pelajaran dari sikap bawahan yang sulit diatur, kenali apa yang membuat mereka seperti itu, dan cobalah untuk mencari solusi yang terbaik.

5. Beri wewenang kepada orang lain. Jika Anda sulit mengatur salah satu orang, maka berikan wewenang kepada pekerja lain yang Anda tahu mampu bekerja lebih baik.

6. Bangunlah tim yang sehat. Tetap berusaha untuk menjaga tim yang solid, di sinilah peran Anda sebagai pemimpin sangat diperlukan.

7. Bersikap tegas. Karena bagaimanapun juga Anda adalah seorang pemimpin, jadi Anda punya wewenang untuk menegur pekerja yang dianggap menyulitkan tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro