Para peneliti dari Griffith University dan Bond University menemukan bakteri Burkholderia pseudomallei/News.com.au
Health

Peneliti Temukan Bakteri Mematikan dalam Tempo 24 Jam

Nancy Junita
Jumat, 8 Juli 2016 - 09:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para peneliti dari Griffith University dan Bond University menemukan bakteri yang sangat infeksius. Bakteri ini  mematikan korbannya dalam waktu sehari atau 24 jam.

Dikutip dari News.com, au, Jumat (8/7/2016), bakteri patogenik itu adalah Burkholderia pseudomallei. Bakteri ini ditemukan di Australia Utara, dan menyebabkan kematian 89.000 orang setahun.

Infeksi bakteri ini tak disadari korbannya, namun sehari kemudian korban meninggal. Bakteri mematikan tersebut, menurut peneliti, umumnya ditemukan di tanah di kawasan Australia Utara, seperti Darwin saat musim hujan.

Oleh karena itu, perlu diwaspadai tanah, lumpur, dan air tanah, serta tanah yang ditiup angin.

Pada tahun 2014, Northern Territory’s Centre for Disease Control mengeluarkan peringatan kepada warga untuk melakukan pencegahan infeksi Burkholderia pseudomallei. Pada saat itu, ditemukan 6 orang terinfeksi dan satu diantaranya meninggal.

Pada tahun 2013, ditemukan 66 kasus infeksi Burkholderia pseudomallei di kawasan Australia Utara.

“Saat musim kemarau, bakteri ini hidup di dalam tanah, tetapi saat musim kemarau, bakteri-bakteri itu berada di atas permukaan tanah, dan berisiko menginfeksi manusia yang berada di atas tanah,” ujar Kepala the Centre for Disease Control Dr Vicki Karuse pada tahun 2014.

Vicki menjelaskan, bakteri itu masuk ke tubuh melalui luka pada tubuh, kemudian menyerang tubuh. Tapi, bakteri mematikan ini juga bisa masuk ke tubuh ketika seseorang menghirup udara yang mengandung tanah dibawa angin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : News.com.au
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro