Bakteri Burkholderia pseudomallei menyebar ke otak/News.com.au
Health

Peneliti Temukan Bakteri Mematikan dalam Tempo 24 Jam

Nancy Junita
Jumat, 8 Juli 2016 - 09:46
Bagikan

Menyebar ke otak

Bakteri, yang tidur di tanah, bisa menginfeksi manusia melalui sistem pernapasan. Sekali memasuki sistem pada tubuh manusia, bakteri ini menyebar hingga ke otak, saraf tulang belakang, dan berpotensi jadi penyakit mematikan, melioidosis, yang bisa membunuh seorang dalam waktu 24 jam.

“Melioidosis disebabkan bakteri Burkholderia pseudomallei, yang sering menyebabkan infeksi yang sering menyebabkan penyakit pernapasan setelah seseorang terpapar lewat menghirup udara,” menurut peneliti.

Sebelum hasil penelitian terbaru ini dipublikasi pada ‘Immunity and Ibnfection’ pekan ini, para peneliti masih bertanta-tanya, bagaimana bakteri ini masuk ke tubuh manusia, dan kecepatannya menginfeksi organ tubuh manusia.

Sekitar 20% hingga 50% warga Australia berisiko meninggal ketika melioidosis menyebar ke otak.

"Bayangkan berjalan di sekitar dan Anda mengendus itu dari tanah dan hari berikutnya Anda punya bakteri ini dalam otak, dan merusak sumsum tulang belakang," kata Dr James St John, Kepala Griffith Clem Jones Centre for Neurobiology and Stem Cell Research.

"Ini bisa menjadi pada tingkat yang sangat rendah, tubuh bahkan tidak tahu ada bakteri itu. Anda bisa memilikinya dan tidak tahu itu, menakutkan.”

"Bisa saja menunggu saat yang tepat, atau bisa saja akan merusak organ tubuh dan membuat kerusakan seumur hidup. Anda bisa kehilangan fungsi di otak secara bertahap. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro