Ilustrasi/Toggl
Relationship

Cara Mendorong Munculnya Ide Kreatif di Tempat Kerja

Andhina Wulandari
Selasa, 19 Juli 2016 - 10:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda seorang manajer di perusahaan atau pemimpin di bisnis Anda sendiri, sikap terbuka terhadap inovasi sangat diperlukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa mendorong ide-ide kreatif bisa muncul.

1. Terima semua ide

Dalam setiap proses kreatif, Anda harus bisa menerima semua ide dan pendapat yang masuk, tanpa berkesan meremehkan. Asumsikan saja semua ide tersebut berpotensial untuk menjadi ide yang hebat. Bahkan ide yang anggap buruk di awal bisa saja menjadi inspirasi dan justru mendorong pekerja untuk mengambil risiko demi kesuksesan.

2. Kembangkan ide, jangan mengkritik

Kritik di awal hanya membuat orang menjadi ragu untuk memberikan pendapat. Selain itu, kritik juga bisa berarti Anda sebagai pemimpin tidak memiliki keinginan untuk berinovasi dan hanya mau melakukan cara kerja yang sudah kuno. Jika memang ide tersebut tidak sempurna, cobalah bantu untuk mengembangkannya dan wujudkan bersama-sama.

3. Buat perencanaan

Setelah mengumpulkan sejumlah ide, Anda sebagai pemimpin harus bisa membuat perencanaan yang sesuai. Buat daftar mengenai apakah ide itu mudah atau sulit untuk diwujudkan, berapa bujet yang dibutuhkan, dan sebagainya. Bicarakan pada tim Anda dan tentukan ide yang dianggap paling efektif serta efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Entrepreneur.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro