Permainan mobile Pokemon Go yang menjadi tren di kalangan anak muda/Reuters
Fashion

POKEMON GO: Atasi Demam Pokemon Go dengan Pengendalian Diri

Newswire
Rabu, 20 Juli 2016 - 05:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ahli psikologi RS St Elisabeth, Semarang, Probowatie Tjondronegoro, mengatakan, kunci agar tidak terjangkit demam permainan Pokemon Go adalah pengendalian diri. "Pokemon Go itu bagian dari teknologi yang menjadi mode.

Memang tidak bisa dihindari, namun bisa dikendalikan. Pengendalian bisa dari eksternal dan internal," katanya, di Semarang, Selasa malam. Warga Semarang juga tertular demam Pokemon ini. Di mana-mana mudah ditemukan orang bertelefon cerdas berjalan-jalan dan fokus pada perangkat elektronikanya itu. Mereka tengah bermain Pokemon. Menurut Tjondronegoro, pengendalian secara eksternal biasanya oleh institusi atau tempat kerja yang melarang jajaran karyawan dan pegawainya untuk memainkan Pokemon Go selama jam kerja.

"Kan sudah beberapa institusi saya lihat menerapkan seperti itu. Itu rem eksternal. Namun, yang paling penting itu rem internal, yakni diri kita sendiri. Bagaimana kita mengendalikan diri," katanya.

Ia menjelaskan kecenderungan yang terjadi sekarang ini secara tidak sadar justru manusia yang dikendalikan oleh permainan Pokemon Go itu, bukan manusia yang mengendalikan permainan itu. "Bukan Pokemon Go yang memainkan kita, namun justru kita yang seharusnya mengendalikan permainan itu. Jadi, istilah Jawanya ngerti wayah (tahu waktu). Kapan saatnya kita harus berhenti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro