Pokemon/youtube
Entertainment

10 Daftar Set Kartu Pokemon Termahal, Paling Mahal Rp83,4 Miliar

Mutiara Nabila
Jumat, 27 Oktober 2023 - 20:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi penggemar karakter Pokemon, pasti tidak asing lagi dengan game kartu Pokemon. Namun, tak hanya sekadar kartu, ada beberapa kartu Pokémon yang sangat langka di luar sana, dan harganya bisa sangat mahal.  

Dengan pertarungan kartunya yang seru, beberapa kartu Pokémon menjadi sangat langka dan sangat legendaris sehingga dapat terjual dengan harga yang di luar nalar. 

Di Indonesia sendiri, kartu koleksi Pokemon masuk di Indonesia sejak 2019 di bawah AKG Entertainment, dan setiap tahunnya banyak pemain aktif kartu Pokemon di Indonesia. 

Hari ini, Jumat (27/10/2023), ada pula satu set kartu koleksi Pokemon baru yang dihadirkan, bertajuk "Kilau Hitam". Setiap setnya terdiri dari kartu acak dan ada satu kartu spesial yang memiliki poin besar bergambar karakter Charizard EX.

Namun, tak seperti yang akan dibahas kali ini, kartu edisi terbaru tersebut hanya diberi harga Rp20.000 per set-nya.

Melansir wargamer.com, ada beberapa kartu Pokémon yang berharga merupakan favorit penggemar, beberapa termasuk dalam peringkat Pokémon terkuat dan kartu Pokémon terbaik dalam game, dan lainnya merupakan kartu Pokémon edisi pertama atau kartu promo khusus yang hanya ada dalam suatu acara dan dicetak satu kali saja.  

Meskipun sebagian besar kartu Pokémon termahal merupakan cetakan lama, minat terhadap Pokémon Trading Card Game terus berkembang, dengan beberapa kartu termahal yang terjual dengan harga tertinggi pada tahun lalu.

Oleh karena itu, bagi para kolektor lama, jika merasa masih menyimpan beberapa kartu edisi lama, jangan-jangan kartu tersebut bisa menjadi sangat bernilai sekarang. 

Berikut ini adalah kartu Pokémon langka termahal di tahun 2023:

10. No.2 Trainer

Harga: US$137.500

Kartu Tropical Mega Battle, No. 2 Trainer adalah salah satu kartu promo langka yang diproduksi untuk turnamen Tropical Mega Battle, sebuah kompetisi tahunan berumur pendek yang berlangsung dari tahun 1999 – 2001. 

Tiga pemain teratas di setiap wilayah masing-masing  membawa pulang kartu yang menampilkan Exeggutor, dan di tahun-tahun berikutnya, para pemenang bahkan mendapat kartu hadiah yang dipersonalisasi. Kartu No. 2 Trainer juga sempat dijual seharga US$50.300 pada 2020.

Sejak itu, tampaknya harga kartu tersebut terus meningkat lebih dari dua kali lipat, seperti pada lelang Heritage Auctions pada Juli 2023, salinannya terjual dengan harga US$137.500.  

9. Holographic Lugia Neo Genesis First Edition

Harga: US$144.300

Lugia memiliki posisi yang kuat dalam sejarah Pokémon populer. Kartu dengan karakter burung legendaris yang pertama kali muncul di Generasi II, dengan cepat menjadi favorit penggemar di antara para pemain franchise videogame Pokemon dan pemain trader kartu. Bahkan, kartu ini pernah muncul di sampul depan game Game Boy Pokémon Silver. 

Seiring dengan popularitas Pokémon yang tidak pernah berkurang. Pada Mei 2021, kartu Holographic Lugia Neo Genesis Edisi Pertama, dinilai sebagai barang mewah Pristine 10 oleh lembaga pemeringkat BGS, dan dijual seharga US$144.300 

Kelangkaan kartu dan popularitas Lugia yang terus berlanjut akan membuat nilai kartu Pokémon ini tetap tinggi di tahun-tahun mendatang.

8. Kangaskhan Family Event Trophy

Harga: US$175.000

Kartu Kangaskhan Family Event Trophy diberikan sebagai hadiah kepada peserta turnamen pertarungan Pokémon TCG pada 1998. Namun, ini bukanlah turnamen biasa, karena setiap tim terdiri dari orang tua dan anak, sehingga membawa semangat kekeluargaan ke dalam permainan.  Tim-tim yang mencapai tempat tertentu di tangga kontes akan diberi hadiah kartu piala ini.

Kartu ini menjadi mahal karena tidak pernah dicetak di luar turnamen, dan menampilkan logo asli Pocket Monsters Trading Card Game sebagai simbol set, sehingga cukup langka. Pada Oktober 2020, salinan kartu 'gem mint' PSA 10 dilelang seharga US$150.100 di eBay, menjadikannya salah satu kartu Pokémon termahal yang dijual dalam beberapa tahun terakhir.  

Namun harga tersebut kembali naik dalam penjualan Heritage Auctions pada Juli 2023, dan menetapkan harga tertinggi baru sebesar US$175.000.

7. Ishihara GX Promo

Harga: US$247.230

Sedikit berbeda dari yang lain dalam daftar ini, kartu Ishihara GX Promo ini sebenarnya tidak menampilkan Pokémon, melainkan presiden dan pendiri The Pokémon Company, Tsunekazu Ishihara. 

Kartu promosi tersebut dicetak untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-60, dan diberikan kepada karyawan perusahaan yang menghadiri pestanya. Kemampuan 'Red Chanchanko' pada kartu ini mengacu pada pakaian tradisional Jepang yang sering diberikan kepada pria ketika mencapai usia 60 tahun.

Salinan kartu tersebut telah terjual di lelang dengan harga US$50.000. Pada April 2021, kartu PSA 7 Ishihara GX Promo yang ditandatangani dijual seharga US$247.230. Namun, kecil kemungkinannya akan ada lebih banyak lagi kartu pop-up seperti ini. Kabarnya hanya ada sedikit kartu yang pernah dicetak, dan hanya satu salinan bertanda tangan yang pernah diperlihatkan kepada publik.

6. Trophy Pikachu No.3 Trainer

Harga: US$300.000

Salah satu kartu hadiah termahal dalam daftar ini sudah ada sejak Juni 1997, kurang dari satu tahun setelah masa pakai Pokémon TCG. Ini adalah turnamen Pokémon pertama, dan tampilannya sangat berbeda dengan permainan kompetitif modern.  

Menurut situs 'museum' Pokumon, pesertanya adalah 1000 anak berusia sekitar 15 tahun yang dipilih melalui undian.  Karena keterampilan tidak diperlukan untuk bersaing, tingkat kekuatannya sangat rendah.

Kartu ini merupakan kartu hadiah pertama, masing-masing menampilkan foto Pikachu yang berbeda, diberikan kepada pemenang, dengan kartu Trainer No. 3 diberikan kepada pesaing tempat ketiga dan keempat di masing-masing dari empat turnamen. 

Oleh karena itu, seharusnya ada delapan salinan kartu Pelatih Trophy Pikachu No. 3, tetapi hanya empat yang telah disertifikasi PSA. Pada April 2023, salinannya dijual di Heritage Auctions seharga US$300.000. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro