Parasit penyebab malaria/scitechdaily.com
Health

Obat Malaria Ini Bisa Bantu Perawatan Kanker

Juli Etha Ramaida Manalu
Senin, 25 Juli 2016 - 19:19
Bagikan

Kabar24.com,LONDON—  Peneliti menemukan sebuah obat malaria yang sudah habis masa perlindungannya (off-patent) dan boleh diproduksi massal mampu membantu menghancurkan sel kanker dengan membuat sel-sel lebih rentan terhadap radioterapi.

Hal ini mendorong sejumlah ilmuan Inggris untuk memulai sebuah percobaan klinis.

Peneliti melaporkan pada Senin (25/7/2016) bahwa obat anti malaria atovaquone meningkatkan level oksigen dalam sel tumor yang ada pada tikus percobaan dan membuat radioterapi menjadi lebih aktif dalam melawan berbagai jenis kanker, termsuk kanker paru, usus, otak, kanker kepala dan leher.

Melakukan tindakan radioterapi terhadap sel kanker dengan level oksigen rendah lebih sulit. Sel kanker dengan level oksigen rendah juga lebih gampang menyebar ke bagian tubuh lain.

“Saat ini kami telah melakukan percobaan klinis untuk melihat apakah hasil serupa ditemui pada pasien kanker,” ujar pemimpin penelitian Gillies McKenna dari Cancer Research UK Radiation Research Centre di Oxford seperti dikutip dari Reuters, Senin (25/7/2016).

Pihaknya berharap obat berbiaya murah yang memang sudah diproduksi ini dapat membantu tumor yang resisten menjadi lebih sensitif terhadap radioterapi.

Temuan tim ini dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

Ide untuk memanfaatkan obat yang sudah ada untuk tujuan lain yakni melawan kanker menjadi mendapat perhatian ilmuan setelah menyadari bahwa obat-obat yang sudah ada sebelumnya bisa melengkapi terapi lain.

Fakta bahwa obat ini adalah off-patent berarti harganya terjangkau. Namun, kurangnya perlindungan paten juga menjadi masalah lain karena perusahaan obat yang berinvestasi dalam penelitian tingkat akhir kurang yakin dengan potensi balik modal.

Atovaquone digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria. Obat ini biasanya diresepkan kepada pelancong dalam bentuk Malarone, kombinasi atovaquone dan proguanil yang dikembangkan oleh Glaxo SmithKline.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro