Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Penulis, Ini Keahlian Lain dari Eka Kurniawan

Eka Kurniawan tidak saja sukses melahirkan beberapa karya sastra hingga diterjemahkan dalam berbagai bahasa asing. Setelah menyelesaikan novel O, rupanya Eka Kurniawan juga memiliki keahlian lain, yakni membuat desain sampul buku.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 02 Agustus 2016  |  12:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Eka Kurniawan tidak saja sukses melahirkan beberapa karya sastra hingga diterjemahkan dalam berbagai bahasa asing. Setelah menyelesaikan novel O, rupanya Eka Kurniawan juga memiliki keahlian lain, yakni membuat desain sampul buku.

Desain sampul buku karya Eka Kurniawan dapat dilihat pada Kumpulan Cerpen (Kumcer) Metafora Padma karya Bernard Batubara, yang baru dirilis Minggu (31/7).

Bagi Eka, menjadi desainer sampul buku sebenarnya bukan hal baru. Ketika menempuh pendidikan di Fakultas Filsafat Universita Gadjah Mada, di saat yang sama Eka juga ikut pendidikan grafis. Di Yogyakarta, dia juga berteman dengan lingkungan penerbitan buku. Sehingga, tidak jarang dia menerima permintaan desain sampul buku.

"Tapi karena keasyikan nulis, lama-lama lupa," katanya.

Eka mengakui suka dengan sampul buku yang sederhana dan simpel. Menurutnya, elemen terpenting dari sebuah sampul buku adalah nama penulis dan judul buku. Namun, dia menyadari bahwa sampul buku juga menentukan kesan pertama seseorang terhadap buku tersebut.

Lalu, apa arti sampul dalam Kumcer Metafora Padma?

"Bunga padma itu sangat cantik, tetapi di bawahnya selalu ada lumpur. Dalam sampul ini tetap bunga, tetapi ada elemen-elemen horonya," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penulis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top